Connect with us

SKI News

Ponorogo Genjot Pengembangan Pisang Cavendish

Published

on

Buptai Ponorogo Sugiri Sancoko saat memberikan sambutan diacara panen pisang cavendish

Suarakumandang.com, BERITA PONOROGO. Petani pisang Cavendish di Ponorogo, Jawa Timur sukses. Hal ini dibuktikan panen perdananya mampu sesuai harapan. Pasalnya pisang yang biasa disebut pisang Ambon putih dari hasil panen tersebut mampu menghasilkan keuntungan.

Adalah Mahendro Sumono, koordinator petani dalam pengembangan pisang Ambin putih pada panen perdananya kelompok menghasilkan kurang lebh 2 ton pisang sekali panen.

“Panen perdana ini kita panen ada di tiga tempat yakni di desa Kauman, Turi dan Sedarat,”jelas Mahendro kepada jurnalis suarakumandang.com. Selasa, (11/10/2022).

Dijelaskan pula, dalam pengembangan pisang tersebut terbilang sangat mudah dan cocok dengan kondisi tanah di wilayah Kabupaten Ponorogo.

Sedangkan terkait pemasaran bisa dipastikan bahwa pisang yang sudah dipanen akan langsung diambil oleh pengepul. Sebab  sistem pengembangannya kemitraan.”Setiap minggu kita bisa panen hingga 2 ton,” ucapnya.

Sementara itu, Sugiri Sancoko Bupati Magetan yang saat itu hadiri dalam panen pisang tersebut mengungkapkan bahwa dirinya bakal memacu pengembangan komoditas tersebut.  Bahkan Dirinya bakal mempersilahkan petani jika ingin menggunakan lahan milik Pemerintah.

“Kami hadir untuk petani yang ingin mengembangkan petaniannya. Dan kami menyarankan kepada petani pisang untuk menggunakan system kemitraan. Sebab, dengan adanya sistem kemintraan akan mempermudah petani dalam pemasaran dan pengembangkan pertaniaan, khususnya disektor pertanian,”pungkasnya.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.