Connect with us

SKI News

Upaya Majukan Magetan, Diskominfo Gelar Pelatihan KIM

Published

on

Eko Setiawan, narasumber dari Diskominfo Provinsi Jawa Timur .Foto: Diskominfo Magetan

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Magetan, Jawa Timur gelar pelatihan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dengan tema “Informasi Berbasis Digital”. Pelatihan ini diikuti oleh pengelola KIM Kelurahan se-Kecamatan Magetan dan Kecamatan se-Kabupaten Magetan. Acara ini diselenggarakan di gedung pertemuan Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan Jawa Timur. Kegiatan ini dilakukan selama dua hari Selasa-Rabu (10-11/12/2019).

Joko Waluyo Sekertaris Diskominfo Magetan menjelaskan bahwa KIM merupakan kelompok yang dibentuk, oleh, dari masyarakat secara mandiri dan kreatif. ” Kegiatan KIM sendiri meliputi mengelola informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka nilai tambah,”jelasnya.

Lanjut Joko, keberadaan KIM sangat dibutuhkan untuk menjadi mitra Kominfo. KIM sangat membantu untuk menyampaikan pesan pembangunan daerah. Maka dari itu diharapkan KIM ada disetiap desa untuk mengumpulkan, mengelola, menganalisa informasi untuk masyarakat. “Jadi dengan adanya KIM berharap masyarakat akan melek media dan dapat memilah informasi yang benar atau tidak,”tutur joko.

Eko Setiawan, narasumber dari Diskominfo Provinsi Jawa Timur memaparkan bahwa KIM harus memiliki media, bisa cetak, online, dan media luar ruangan untuk menandakan  kelompok tersebut KIM. KIM sebagai kelompok masyarakat yang bertugas untuk memperdaya masyarakat dalam bidang literasi media, mengelola dan menyebarkan informasi program prioritas Bupati Magetan, SIK, RTLH, Desa Wisata, Pengembangan Potensi Unggulan Desa.

“KIM memiliki tugas untuk menyampaikan program-program yang dimiliki Magetan. Secara tidak langsung KIM juga mempromosikan Kabupaten Magetan ke halayak luas,”ungkap Eko saat memberikan materi untuk KIM Magetan.

Dalam kesempatan pelatihan KIM ini Parminto Budi Utomo Camat Kecamatan Magetan menambahkan bahwa, KIM terbentuk dengan tujuan memenuhi kebutuhan informasi yang bermanfaat dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat. KIM juga mengurangi kesenjangan akses informasi tentang Pemerintah, Bisnis dengan masyarakat.

“Harapan saya KIM ini dapat membuka jalan akses informasi tentang pemerintah, Bisnis dengan masyarakat luas,”pungkas Parminto

KIM sendiri juga salah satu upaya terwujudnya visi Magetan menjadikan Magetan SMART semakin mantap dan sejahtera dalam penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik, manajemen pemerintahan yang bersih serta prefisional dan adil.

Harapannya, dari pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Dapat membangun Magetan yang lebih baik serta meningkatkan pelayanan informasi masyarakat Magetan.

Jurnalis: Nuvreilla

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.