Connect with us

SKI News

Khofifah : Jelang Puasa dan Lebaran Kapasitas Beras Jatim Over Suplay

Published

on

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawangsa digudang beras Gapoktan Mulyasari desa Karangasri Ngawi

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI. Kondisi ketersediaan beras Jawa Timur menjelang puasa hingga lebaran tahun ini, mengalami over suplay. Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam kunjungan kerjanya di Ngawi ( 05/04/2021).

“Selain keberadaan stoknya yang sangat memenuhi, harga-harga sembako juga relatif stabil, hanya harga cabe saja yang masih agak tinggi, meskipun sudah mengalami penurunan sejak 2 mingguan yang lalu, dimana harga cabe sempat alami peningkatan hingga melebihi harga daging,” kata Khofifah usai bertemu kelompok tani Mulyasari desa Karang Asri Ngawi.

Khofifah juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada petani di Ngawi yang telah bekerja keras dalam meningkatkan produktivitas padi di Ngawi, meskipun luasan lahan pertanian Ngawi nomer 3 seJawa timur, namun jumlah produktivitas gabah Ngawi menempati urutan ke 2, setelah Lamongan.

“Tujuan kita untuk dapat berkomunikasi secara langsung dan mengetahui kondisi riil di lapangan, misalnya diketahui masih adanya keluhan dari petani mengenai harga gabah kering panen di bawah Harga Pokok Penjualan ( HPP) Untuk solusinya akan diupayakan kepemilikan mesin dryer untuk perwakilan gapoktan serta pemanenan dengan mekanik,” papar Khofifah dihadapan pengurus gapoktan Mulyasari.

Selain itu Khofifah juga memberikan informasi tentang bantuan permodalan untuk gapoktan, selain KUR, yang terbaru yaitu skema Pemulihan Ekonomi Nasional ( PEN ) oleh Pemerintah, yang disuport untuk menyalurkan kepada masyarakat yaitu bank Jatim. Untuk sosialisasi skema PEN tersebut, dalam waktu dekat akan dilakukan koordinasi dengan 10 perwakilan gapoktan di Jawa timur.

Jurnalis: Ahmad Hakimi.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.