Connect with us

SKI News

Viral, Tempat Pemakaman Umum Di Madiun Dicat Warna-Warni

Published

on

Suarakumandang.com,BERITA MADIUN. Kuburan atau makam  identik dengan suasana sepi dan menyeramkan. Tapi berbeda dengan makam yang satu ini.

Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang terletak di kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur nampak begitu indah dan tidak mempunyai kesan menyeramkan. Sebab, tembok, pagar hingga tempat penyimpanan kereta jenazah dicat warna warni hingga lampu beraneka warna.

Gunawan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) mengatakan pihaknya bersama warga sekitar melakukan pengecatan makam tersebut bertujuan supaya makam tidak terkesan serem dan menghilangkan kesan horor atau angker seperti makam-makam biasanya.

“ Dengan suasana seperti ini bisa digunakan tempat hiburan, anak-anak bisa main dengan senang hati, “ujar Gunawan. Sabtu, (27/06/2020).

Dijelaskan pula, bahwa pengecatan makam tersebut biaya swadaya warga setempat.”Untuk membeli cat dan tenaga pengecatan swadaya sendiri dari warga setempat, ada sekitar Rp 10 juta dan pengerjaan lamanya kurang lebih ada 30 hari, ”jelas Gunawan.

“Seluruh kami cat, mulai dari pagar, batu nisan, batang pohon kamboja kita juga cat, bahkan lampu penerangan kita menggunakan lampu beraneka warna,”kata Gunawan.

Agar tetap bersih seorang juru kunci setiap pagi terus membersihkan makam.”Sejak di buat seperti ini anak-anak sudah tidak takut lagi, bahkan mereka bisa bermain di makam ini,”ucapnya.

Gunawan mengaku jika ide mengecat makam tersebut berawal dari keinginan untuk mengikuti lomba kebersihan makam yang diadakan oleh pemerintah Kota Madiun. 

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.