Connect with us

SKI Kesehatan

Siapkan Rp 35 Miliar, Pemkab Magetan Akan Beli Vaksin Sinovac Dari China

Published

on

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, Jawa Timur mempersiapkan anggaran sebesar Rp 35 miliar untuk membeli Vaksin Sinovac untuk menangkal virus corona (COVID-19).

 “Terkait pengadaan Vaksin Sinovac kita dicukupi oleh pemerintah pusat. Nanti apakah pemerintah pusat minta bantuan dari pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota bisa juga ini terjadi,” ujar Yuli Iswahyudi Plt Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi kabupaten Magetan.

Ia mengatakan, saat ini pemkab Magetan sudah diminta untuk menyiapkan anggaran  Vaksin Sinovac  4 % yang diambil dari Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2021 yakni Rp 35 miliar. ”Tapi saat ini kami sedang menunggu petunjuk dari pusat, dan diminta untuk mempersiapkan 4 persen dari anggaran DAU,”jelas  Yuli, Kamis (28/01/2021).

Dengan dipotong 4% dari anggaran DAU untuk kebutuhan membeli Vaksin Sinovac pemerintah harus mengurangi kegiatan dalam rangka mendukung kesehatan masyarakat. “Vaksin Sinovac buatan china nanti akan dikirim secara bertahap. Tahap pertama sebanyak 3000 Vaksin Sinovac ,”kata Yuli.

Dalam perdana penyuntikan Vaksin Sinovac di Magetan diawali oleh sekretaris daerah, forkopimda, dan tokoh masyarakat . “Program ini dilakukan sebagai pencanangan di Kabupaten Magetan, dilanjutkan di kecamatan-kecamatan, sedangkan ditingkat kecamatan yang dilakukan diutamakan tenaga kesehatan dulu,”paparnya.

“Kebetulan di Magetan baru terkirim  3000 Vaksin Sinovac dan ini sudah disebarkan di pukesmas-puskesmas. Dan apabila nanti sudah cukup maka akan dilanjutkan ke TNI, POLRI, PNS dan masyarakat,”terangnya.

Sementara itu, Vaksin Sinovac  untuk masyarakat sendiri akan diberikan secara gratis,  namun setelah gelombang tenaga kesehatan dan PNS sudah selesai dilakukan penyuntikan Vaksin Sinovac.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.