Connect with us

SKI Kesehatan

Penyuntikan Vaksin Sinovac Perdana Libatkan Tokoh Masyarakat

Published

on

IPONG Bupati Ponorogo saat ikut mengawasi proses pemeriksaan peserta yang mendapatkan suntikan vaksin di pendopo

Suarakumandang.com, BERITA PONOROGO. Satuan Tugas (SATGAS)  COVID-19 Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur gelar launching penyuntikan Vaksin Sinovac kepada sejumlah 10 tokoh masyarakat dan 4 perwakilan dari tenaga kesehatan. Acara digelar di Pendopo Kabupaten Ponorogo. Rabu, (27/01/2021).

Sesuai pantauan Jurnalis Suara Kumandang siang hari dilanjutkan dari perwakilan Forkopimda. Diantaranya adalah Bupati, Sekretaris Daerah, Kepolisian, TNI, serta kejaksaan dan pengadilan. Total keseluruhan penerima vaksin 14 orang.

“Mekanisme ini setelah dilakukan 10 vaksinasi, sasaran selanjutnya para nakes, kurang lebih 3.850, vaksin yang datang 3.200, nanti bertahap akan ada tambahan dari provinsi,  targetnya kalau seluruh sasarannya adalah 650 ribu,” ujar Agus Pramono Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Ponorogo .

Dijelaskan pula, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan peserta sebelum dilakukan penyuntikan vaksin COVID-19.

“Peserta datang langsung menjalani pemeriksaan swab antigen. Peserta yang hasilnya negatif lalu mendaftar pada petugas vaksinator,  selanjutnya peserta menjalani pemeriksaan tekanan darah, serta pemeriksaan kondisi kesehatan lainnya,” katanya.

Lebih lanjut, jika seluruh pemeriksaan yang dilakukan tidak menemui kendala, maka selanjutnya peserta akan dilakukan penyuntikan vaksin.

“Usai penyuntikan,  peserta akan mendapatkan kartu tanda telah mengikuti vaksinasi. Sementara peserta yang tidak lolos tahap screening tidak akan dilakukan penyuntikan,” paparnya.

Sementara sejumlah pimpinan di Ponorogo, mulai bupati, dandim dan kapolres tidak bisa divaksin karena sudah pernah terjangkit virus COVID-19.

Penyuntikan vaksin di Ponorogo akan dilakukan secara bertahap, setelah kick off ini, vaksinasi selanjutnya akan dilakukan pada sekitar empat ribu tenaga kesehatan di Ponorogo.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.