Connect with us

SKI Kesehatan

Puskesmas Babadan Bagi-Bagi Ikan Cupang

Published

on

Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo Rahayu Kusdarini, di dampingi Kepala Puskesmas Babadan Siti Nur Faidah Dan Lurah Kadipaten Aslim Ihfeni serta Kader Jumantik membagikan ikan Cupang, di Dukuh Kebon, Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Babadan, Senin (13/01/2019)

Suarakumandang.com, BERITA PONOROGO. Dalam mencegah berkembangnya masalah wabah demam berdarah dengue (DBD) pemerintahan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur berbagai upaya  terus dilakukan.

Kali ini Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo  bersama puskesmas Babadan, Ponorogo membagikan 150 ikan cupang gratis kepada warga dukuh kebon, Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Senin  (13/01/2019).

Pembagian ikan cupang ini bertujuan untuk membasmi jentik nyamuk. Karena ikan cupang merupakan predator jentik nyamuk.

Kepala Dinas Kesehatan Rahayu Kusdarini mengatakan upaya pemerintah Kabupaten Ponorogo dalam mencegah berkembangnya penyakit DBD terus dilakukan. Selain terus mengajak masyarakat melalui penyuluhan PSN juga dengan cara-cara yang berbeda.

“Salah satu upaya pencegahan ini adalah Kita bisa memelihara salah satu jenis ikan , yaitu ikan cupang dimana ikan cupang ini merupakan predator untuk jentik,” kata Rahayu.

Masih kata Rahayu, upaya yang dilakukan oleh Puskesmas Babadan, perlu diapresiasi dan disebar luaskan kepada masyarakat. Apalagi ikan cupang bisa menghabiskan banyak jentik nyamuk.

“Ketika ada penampungan air dan kita sedikit lengah ketika melakukan pengurasan maka jentik yang timbul  atau yang muncul, ketika lengah dalam pengurasan bisa dimakan ikan cupang ini sehingga jentik tersebut tidak sempat berkembang menjadi nyamuk,” ujar Rahayu.

Sementara itu Kepala Puskesmas Babadan Siti Nur Faidah menambahkan masyarakat tidak perlu kuatir terhadap ikan cupang, selain efektif mencegah berkembangnya nyamuk, ikan cupang tidak berbau.

“Ikannya bukan ikan konsumsi, jadi tidak bau dan kotorannya kecil-kecil, kalau jentik habis bahkan kotorannya juga dimakan sendiri oleh cupang,” pungkasnya.

Jurnalis: Yoga Kariem

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.