Connect with us

SKI News

Magetan Siap Operasikan Mal Pelayanan Publik

Published

on

Dwi Aryanto, SE salah satu anggota komisi C DPRD kabupaten Magetan

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN. Dewasa ini pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia mulai berlomba-lomba untuk membuat Mal Pelayanan Publik (MPP). Hal ini menunjukkan niat serta usaha yang baik dari pemerintah untuk memberikan pelayanan publik  yang berkualitas kepada masyarakat.Jumlah itu akan terus berkembang mengingat saat ini sudah ada banyak kabupaten/kota yang sedang membangun pusat pelayanan modern ini. Demikian halnya Kabupaten Magetan,kini telah siap mengoperasikan MPP dalam waktu dekat. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai MPP, demikian petikan wawancara jurnalis dengan Dwi Aryanto, SE salah satu anggota komisi C DPRD kabupaten Magetan yang baru saja sidak ke Mal PelayananPublik di Pasar Baru Magetan.

Sebetulnya bagaimana gambaran mengenai Mal Pelayanan Publikini?

Pertama, kami sanga mengapresiasi adanya MPP di Magetan.Mal Pelayanan Publik ini merupakan pembaharuan sekaligus langkah inovatif dalam penyelenggaraan pelayanan publik.Dulu kita mengenal PelayananTerpaduSatuAtap (PTSA).Kemudian bertransformasi menjadi PelayananTerpadu Satu Pintu (PTSP).Kemudian hadir MPP ini dimana perannya memperluas pelayanan PTSP.Jadi di dalam MPP ini nanti menampung seluruh kegiatan pelayanan perizinan maupun non perizinan yang menjadi kewenangan pemerintah bisa dilakukan di sini.

Apa sebenarnya tujuan dari Mal PelayananPublikini?

Tujuannya tentu untuk meningkatkan efisiensi pelayanan terhadap masyarakat. Artinya, dengan adanya MPP, masyarakat jadi merasakan kemudahan, transparansi, dan kecepatan pelayanan dalam mengurus berbagai jenis layanan perizinandan non perizinan.Jadi masyarakat tak perlulagi repot keberbagai instansi, semuanya selesai di Mal PelayananPublikini. Tujuan lainnya, adanya MPP akan memberikan kemudahan iklim berusaha di Magetan, dengan harapan investor dalam negeri maupun luar negeri ramai-ramai menanamkan modalnya di sini.

Apakah juga bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah?

Menurut Permendagri 138 Tahun 2017, tujuan pelayanan terpadu bukanlah untukpendapatan. Lebih pada memberikan kepastian hukum, memberikan akses pada masyarakat untukmemperoleh pelayanan prima, kemudahan berusaha dan mendorong daya saing daerah.Namun dengan kemudahan berusaha yang  diberikan diharapkan iklimi nvestasi semakin baik, pertumbuhan ekonomi semakin tumbuh tentu effect selanjutnya akan menambah pendapatan asli daerah.

Selain berbagai pelayanan dapat dilayani dalam satu tempat, apa yang menjadi kelebihan MPP ini?

Konsep pelayanan MPP ini telah mengikuti konsep kekinian.Ruang tunggu ditatase demikian rupa agar publik yang ingin mengurus berbagai jenis perizinan merasa nyaman.Tempat duduk berderet di sepanjang gerai, dengan desain yang cukup baikdan memberikan kesan yang modern.  Ada juga tempat bermain anak. Jadi tak hanya memberike mudahan serta kecepatan, MPP juga memprioritaskan kenyamanan masyarakat.Memang masih ada beberapa kekurangan kecil semisalak sesuntuk difabel dan beberapa space kosong yang masih perludiisi, semoga kedepan bisa disempurnakan.

Beroperasinya MPP dalamwaktudekatini, apa yang menjadiharapansaudara?

Harapan kami semua pemangku kepentingan dapat meningkatkan keberadaan MPP, dan mengembangkannya dengan system sertas inergi yang baik.Tentusaja, sinergi itubutuh komit mendan koordinasi yang baik dari berbagai pihak. Pola pikir ego sektora lantar institusi harus diubah menjadi kerjabersama untuk memberikan layanan yang terbaik.Berikutnya pelayanan dalam MPP kedepan harus meningkatkan penggunaan teknologiin formasi sebagai jawaban atas tuntutan era saat ini. Dengan penggunaan teknologi, layanan publikini yang lebih mudah diakses oleh masyarakat.

Tim.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.