Connect with us

SKI News

Perbup Tak Kunjung Keluar, Pemdes Ragu Mutasi Perangkat Desa

Published

on

salah satu staf pemerintah kabupaten Magetan bagian hukum mempelajari perbup yang akan dibahas

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Tak sedikit pemerintah desa (Pemdes) di kabupaten Magetan mengharapkan peraturan bupati (Perbup) nomor 91 tahun 2016 tentang tata cara pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa segera dikeluarkan.

Hal ini disebabkan sejumlah desa banyak kekurangan tenaga perangkat desa guna menujang kinerja pemerintah desa dalam pelaksanaan tugas-tugas pelayanan di Desa. Salah satunya perbup yang mengatur tentang perubahan mutasi perangkat desa.

Informasi yang berhasil jurnalis suara kumandang himpun dilapangan, dari sekian kepala desa ragu melakukan mutasi perangkat desa karena pihak pemerintah kabupaten Magetan belum keluarkan perbup.

Sementara itu, Joko Risdianto kepala bagian hukum pemerintah Kabupaten Magetan mengatakan pihaknya menghimbau pemdes untuk bersabar sebab, terkait perbup masih dalam pembahasan oleh tim dari beberapa SKPD terkait.

“Dalam pembahasaan itu nanti kita akan ada masukkan masukkan,  tata cara, bagimana persyaratanya, siapa yang boleh dimutasi atau yang tidak boleh dimutasi, ” terang Joko kepada jurnalis suara kumandang, Rabu, (23/09/2020).

Namun hingga sampai saat ini dalam pembahasan perbup terkait mutasi perangkat desa belum ada kesepakatan.”Nanti targetnya kita akan rapat lagi,”kata Joko.

“Untuk mutasi perangkat desa kami mengimbau kepada pemerintah desa untuk bersabar menunggu perbup ini yang segera dirapatkan lagi untuk diselasaikan,”jelas Joko.

Alasan Joko, kenapa hingga kini perbup belum terselesaikan karena masih fokus dalam penangangan  COVID-19.

Joko membenarkan jika berkas perbup oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa sudah diserahkan pada bagian hukum sejak awal bulan maret sebelum terjadi COVID-19.

Sementara itu, perubahan perbup tersebut karena adanya perubahan peraturan daerah (perda) nomor 6 tahun 2018 tentang perubahan atas perda nomor 12 tahun 2016 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa. “Sehingga teknis pelaksanaanya dilakukan penyesuaian salah satunya mutasi perangkat desa tadi,”pungkasnya.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.