Connect with us

SKI News

Munggah Molo, Tanda Pembangunan Struktur Pasar Legi Ponorogo Sudah Selesai

Published

on

Suarakumandang.com, BERITA PONOROGO. Yang ditunggu-tunggu masyarakat Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur untuk memilik  pasar baru yang  megah sebentar lagi terwujud. Pasalnya  proses pekerjaan pembangunan struktur Pasar Legi sudah selesai.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni mangatakan bahwa pembangunan struktur Pasar Legi selesai ditandai dengan  Munggah Molo atau pasang kuda-kuda.”Dengan naiknya molo ini struktur sudah 100 persen selesai, ” ujarnya, Rabu (05/08/2020).

“Munggah molo ini tanda resminya berdirinya sebuah bangunan diproses. Sebagai symbol rasa Syukur kepada Alloh SWT,”jelas Ipong.

Lanjut Ipong, pihaknya memilih tanggal 5 Agustus 2020 karena tepat dengan wuku tolu atau namany wahyu dadi. Dimana pada jam 6-8 itu artinya banyak rejeki, jam 9-10 artinya Wibowo, 10-12 ini artinya guyub rukun.

“Karena itu saya pilih hari rabu ini dan acara mulai jam enam, dimulai dengan khataman alquran, dilanjutkan menyiram molo, memasang paku dan menaikkannya,” ungkap Ipong.

“Prosesi Munggah Molo itu menandakan bahwa atap dalam waktu dekat akan naik. Jadi, pembangunan lanjutan pasar legi dibagian dalam bisa berjalan lebih cepat selesai,”jelasnya.

Ipong juga menyampaikan bahwa proses pembangunan pasar Legi pada tahapan penyempurnaan interior eksterior, mechanical engineering. “Hal yang menggebirakan ini tidak luput dari kinerja adhi persada gedung balai wilayah sarana pemukiman dan cipta karya jatim bekerja Optimal dan maksimal,”tuturnya.

“Meskipun belum jadi atau kurang memoles, Bangunan ini Insya Allah akan awet, ini konsep green building, ” kata Ipong.

“Sabar ya, 6-7 bulan lagi pasar akan dapat digunakan. Jangan lupa perilakunya harus bersih, harus lebih baik lagi. Bukan karena adanya pandemik namun, menyesuaikan dengan adaptasi baru dengan pasar modern. Kaidah bersih dan sehat, ” jelas Ipong kepada pedagang pasar Legi yang sebagian besar berdagang di pasar relokasi.

Agung Dwi Mulyana, Project Manager PT Adhi Persada Gedung (APG), mengungkapnkan bahwa pembangunan pasar legi sudah mencapai 30 persen. Pihaknya juga mengatkan untuk struktur paling lambat tanggal 20 agustus akan diselesaikan.

“Untuk pekerjaan fisik kami akan selesaikan desember 2020, pekerjaan mechanical electrical di januari-Februari. Semua selesai di februari 2021,” pungkasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa COVID-19 sedikit menjadi kendala karena kesulitan untuk pengadaan logistik dan tenaga kerja.

Jurnalis: Tim.

Informasi terkait pembangunan Pasar Legi Songgolangit Kabupaten Ponorogo.

-luas lahan 32170 m2.

-Untuk luas bangunan 32605 m2 dan tinggi bangunan 25 meter.

-Gedung parkir 2 lantai dengan luas masing-masing lantai 4500 m2 dan lantai 3 750 m2 untuk lahan parkir dan masjid 500 jamaah. Nanti terhubung jembatan ke gedung pasar.

Sementara bagian-bagian di Gedung pasar.

Lt 1 6300 m2 sayur, ikan, daging, toko, bank

Lt 2 6300 m2 gerabah, sembako, buah

Lt 3 6300 m2 elektro, sepatu, kain

Lt 4 6300 m2 pakaian, foodcourt

2 elevator

6 eskalator

2480 unit lapak dan kios

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.