Connect with us

SKI Artikel

Man 1 Magetan Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Dengan Membuka Keterampilan

Published

on

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN. Sudah dua tahun berjalan MAN (Madarasah Aliyah Negeri) 1 Magetan membuka jurusan keterampilan guna mempersiapkan lulusannya dalam menyongsong dan menghadapi masa depan. Dunia berjalan ke arah yang semakin cepat seiring dengan beragam perkembangan yang menyertainya. Baik dari teknologi, informasi, gaya hidup, budaya, dan seterusnya. Untuk itu dunia pendidikan sebagai “pabrik” pengetahuan harus mampu membaca dan menerka perubahan, tantangan, dan peluang ke depan untuk manusia-manusianya.

Disadari bahwa gerak cepat perubahan kehidupan saat ini menuntut peran cepat adaptasi manusia. Jika hidup adalah suatu permainan maka manusia yang memahami permainan yang akan bisa eksis atau bahkan menjadi pemenang dalam permainan. Oleh karena itu untuk dapat beradaptasi secara cepat terhadap sebuah perubahan yang terus berkelindan dibutuhkan skill yang baik. Dibutuhkan keterampilan untuk tetap eksis atau bahkan keahlian tertentu untuk dapat keluar sebagai pemenang dengan menjadi orang yang sukses melalui skill atau keterampilan yang dikuasainya.

Disadari pula bahwa tidak semua peserta didik yang purna dari jenjang Aliyah sederajat oleh karena kondisi tertentu melanjutkan ke jenjang di atasnya (kuliah). Maka dalam mempersipakan purna siswa agar dapat eksis di masyarakat atau supaya tidak menjadi beban keluarga atau beban sosial jalan keluarnya adalah dengan membekali mereka dengan keterampilan atau keahlian. Dunia pendidikan harus bertanggung jawab akan hal ini.

Pada tahun akademik 2018/2019 MAN 1 Magetan resmi membuka kelas-kelas keterampilannya. Ada 4 prodi yang ditawarkan dalam jurusan keterampilan disini. Ada Tata Boga, Multimedia, Teknik Komputer Jaringan (TKJ), dan Tata Busana. Maka dengan dibukanya jurusan keterampilan di atas siswa-siswi yang mengenyam pendidikan di MAN 1 Magetan tidak hanya berkutat dengan materi-materi umum-keagamaan tetapi juga akan bersentuhan dengan materi praktek keterampilan sesuai dengan kecenderungan peserta didiknya.

Jurusan keterampilan pada jenjang Aliyah-SMA barangkali MAN 1 Magetan adalah lembaga satu-satunya di Magetan yang menyelenggarakan pendidikn keterampilan. Guna lebih dapat bersaing dan menimba pengalaman-pengalaman jurusan keterapilan MAN 1 Magetan sering ikut serta dalam berbagai event sesuai dengan prodi-prodi yang ada di dalamnya. Misalkan Prodi Tata Busana, selama dua tahun ini sudah mengikuti beragam event di luar daerah, misalkan di Surabaya pada awal Desember 2019, di Bojonegoro pada akhir Desember 2019, kemudian di Ponorogo pada akhir Januari 2020. Yang membanggakan adalah, meskipun masih dini dalam usia perjalanan jurusan keterampilan tata busana peserta didiknya menunjukkan bakat yang mempesona hal ini dibuktikan dengan nomer rangking yang di raihnya pada event-event tersebut. Misalkan pada event lomba busana tingkat Aliyah se Jawa Timur di Bojonegoro yang digelar di MAN 2 Bojonegoro, “pasukan” prodi tata busana MAN 1 Magetan memperoleh rangking harapan 2.

Lomba karya busana tingkat Aliyah se Jawa Timur yang mengambil tema “fashion drapery” anak-anak tata busana tampil sangat energik dan memikat. Di tanya pada sela-sela acara (27/12/19), Nur Ikhyak pembina tata busana MAN 1 Magetan mengatakan, “anak-anak tampil dengan lepas, mereka tidak grogi, ini membuktikan bahwa mereka punya potensi yang terpendam dalam hal seni khususnya berkenaan dengan kostum berpakaian, status Madrasah yang notabene kental dengan pelajaran agama tidak menghalangi mereka untuk menunjukkan bakat mereka namun tetap selaras dengan norma-norma kesopanan sesuai ajaran agama”. teruslah bergemintang anak-anak demi menyambut masa depan gemilang!

Oleh: Moh. Yusuf

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.