Connect with us

SKI Artikel

Selamat Datang Kehidupan “Baru”

Published

on

Eka Saputra

Suarakumandang.com,BERITA  MAGETAN. Disaat wabah covid-19 yang melanda negara di seluruh dunia maka protokolnya diterapkan begitu ketat disetiap negara. Masing-masing negara saling bertahan dengan caranya utk melindungi warganya, begitu pula Indonesia. Pertumbuhan ekonomi semua negara di bumi ini mengalami penurunan drastis. Di negri +62 pertumbuhanya hanya sekitar 2.7%, ini masih jauh lebih bagus bahkan msh yg tebaik dibanding negara asean lainya.

Sampai kapan wabah ini akan berakhir? Tak ada yg berani memastikan, yg terjadi hanya prediksi-prediksi saja. Semua aspek kehidupan nampaknya akan berubah, bahkan pemilu KaDa di negeri inipun juga akan ditunda gegara covid-19. Jika keadaan ini akan berlangsung lama maka kita harus siap dg protokol baru dlm bersosial, krn beberapa peneliti di seluruh dunia menyatakan bahwasanya utk mendapatkan vaksin covid-19 paling cepat akhir 2020. Bahkan di surabaya malah ditemukan sejenis covid baru hasil mutasi dr eropa, satu blm terselesaikan sdh muncul yang baru.

Menghadapi kecepatan penyebaran covid yang begitu mengerikan, maka bkn hal yang mustahil kita akan msk pada peradaban baru, selamat tinggal milenial, 4.0 dan 5.0 comunity.

Semua aspek kehidupan dipaksa menghadapi protokol baru yg tdk seperti biasanya selama ini. Tdk menutup kemungkinan Demokrasi akan berubah, pendidikan akan berubah, industri, pertanian dan perdagan juga akan berubah semua.

Melihat kenyataan ini sebaiknya negara tidak hanya fokus thd penyebuhan pasien covid saja, namun sebaiknya juga harus mempersiapkan skenario baru berkehidupan sosial bagi warganya, karena jika tdk diantisipasi dari sekarang manakala covid ini akan berlangsung lama dikhawatirkan warga negeri +62 tidak siap hidup dengan protokol baru. Semoga keadaan ini segera disadari oleh semua pemangku kepentingan disegala lini utk menyongsong kehidupan baru yang lebih siap sekalipun setengah dipaksakan, ini jauh lbh penting ketimbang meratapi keadaan terus-menerus. Semua warga juga harus menyadari bahwa keadaan ini merupakan musibah yang datangnya dari Allah dan tidak perlu menyalahkan sana- sini. Orang bijak harus mampu dan siap dlm setiap perubahan, apalagi saat ini ada perubahan besar.Mari kita songsong kehidupan baru, semoga kita terhindar dari wabah covid. Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan.

Oleh : Eka Saputra, Mahasiswa Pascasarjana MAP UNISRI Surakarta

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Wawan

    Mei 13, 2020 at 7:15 pm

    Good benner

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.