Connect with us

SKI News

Khofifah Pantau Pengolahan Sampah Jadi Briket Di Ponorogo

Published

on

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko saat mendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau tempat pengolahan sampah menjadi bahan penunjang batu bara berupa briket di Desa Mrican, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo.

Suarakumandang.com, BERITA PONOROGO. Senin, (08/11/2021) Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau tempat pengolahan sampah menjadi bahan penunjang batu bara berupa briket di Desa Mrican, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo.

Khofifah juga  melihat langsung proses pengolahan briket, pengganti batu bara berbahan dasar sampah tak bisa terurai. Seperti popok, masker hingga pembalut wanita. Serta gubernur juga memastikan kandungan dioksin briket sebelum diproduksi masal.

Khofifah berharap briket buatan pemerintah daerah Ponorogo ini bisa menjadi substitusi batu bara untuk kebutuhan industry.

Dia juga mengaku jika  briket buatan pemerintah daerah Ponorogo ini merupakan salah satu solusi pengolahan sampah yang menjadi rupiah. ”Apalagi sampah saat ini masih menjadi salah stau permasalahan internasional,”kata Khofifah.

“Ini memberikan solusi banyak hal, jadi tadi sudah saya tanya sudah dicek dilab dan yang saya tanya pertama kandungan dioksinnya lalu emisinya semua dibawah ambang batas jadi Insya Alloh sehat,”jelasnya.

Lebih lanjut, sekarang tinggal direliplasi diperbanyak lalu tempat yang memungkinkan untuk mengolah sampah menjadi briket substitusi batubara jadi bukan briket batubara namun briket substitusi batubara.

Sementara itu, dalam sehari tempat ini bisa mengolah sedikitnya 30 ton sampah menjadi sekitar 9 ton briket. Sementara 1 ton briket dijual Rp 700.000.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.