Connect with us

SKI PolHuKam

Keadaan Pedagang Bakso di Kawasan Zona Merah

Published

on

robik sambil menunggu pembeli yang datang. Pos Kampling di kawasan kecamatan Magetan merupakan tempat mangkal robik berjulan bakso

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Jalan Sumatra kelurahan Kebunagung, Kecamatan/ Kabupaten Magetan, Jawa Timur merupakan kelurahan yang berada dikawasan ditengah tengah Kota Magetan.

Sabtu, (21/03/2020) lalu, akses jalan nama pulau tersebut ditutup oleh  pemerintah kabupaten Magetan sejak dinyatakan Magetan Darurat akibat virus corona atau covid 19.  Satu minggu kemudian, Sabtu, (28/03/2020) lalu, pemerintah kabupaten Magetan bertindak tegas jalan Sumatra Kelurahan Kebonagung dinyatakan kawasan Physical Distancing atau jarak Fisik.

Dari kebijakan pemerintah Kabupaten Magetan dalam memerangi virus corona atau covid 19 secara otomatis akan membawa dampak pada kehidupan sosial.

Dari sejumlah pelaku usaha dikawasan zona merah merasakan terpukul. Belum lagi adanya surat edaran dari pemerintah Magetan  menghimbau bagi pemilik kios/ toko khususnya didua kecamatan yakni kecamatan Magetan dan kecamata Ngariboyo mulai per 27 Maret 2020 agar tidak untuk membuka usahanya.

Namun hal tersebut tak diperhatikan sebagian  sejumlah pedagang kaki lima yang berada dikawasan zona merah dengan alasan “Kami butuh makan dan bayar utang”.

Adalah Robik (52) warga jalan Kalimatan kecamatan Magetan sudah 6 tahun mangkal berjualan bakso didepan pos kampling mengaku sejak adanya virus corona atau covid 19 hasil jualnya mengalami penurunan yang sangat dratis.”Ya turun sekitar 40 sampai 50 persen. Jika dibandingkan sebelumnya dalam satu hari saya mampu menghabiskan daging 2,5 sampai 3 kilogram, kalau ini gara-gara virus corona saya hanya menghabiskan 1 sampai 1,5 kilogram perhari, itupun nggak sampai habis,”kata robik.

“Kalau utang sih punya mas, ini telat untuk bayar karena keadaan ini, la mau gimana lagi, memang keadaan begini dipaksapun pembeli nggak ada keluar rumah, ini aja yang beli hanya harga sini aja,”jelas Robik kepada jurnalis suara kumandang, Selasa,(01/04/2020).

Tak hanya Robik pedagang bakso dikawasan zona merah, sejumlah pedagang seperti jual beli emas juga merasakan hal yang sama. Bahkan salah satu dari mereka dalam satu pekan hanya mendapatkan uang Rp 25 ribu sampai 30 ribu.

Sementara itu, atas kebijakan pemerintah kabupaten  Magetan melakukan Physical Distancing di jalan Sumatra belum dapat ditentukan sampai kapan akan dibuka kembali seperti sediakala.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.