Furiana: 22 Pukesmas Di Magetan Butuh Tenaga Sarjana Administrasi

Furiana Kartini

Furiana Kartini

Magetan.Suarakumandang.com- Dunia kesehatan ternyata tak melulu membutuhkan tenaga dokter, paramedis dan perawat. Seperti halnya di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, hingga sampai saat ini sejumlah pukesmas dan kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) masih kekurangan tenaga non medis seperti bagian administrasi dan akuntansi.

Furiana Kartini sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan mengatakan, pengrekrutan tenaga administrasi maupun aktuntasi belum ada, dan pihak dinkes sudah mengajukan namun hingga ampai saat ini masih belum ada.” Kasus kuranganya tenaga administrasi dan akuntansi sudah lama terjadi sejak adanya moratorium  pegawai, sehingga sampai sekarang masih belum ada penerimaan pegawai Negeri Sipil (PNS) dibidang administrasi maupun akuntansi untuk kesehatan,”terangnya.

Kebijakan belum ada  pengrekrutan tenaga administrasi membuat kewalahan para tenaga medis yang bertugas.”Hal ini dapat menyebabkan kinerja yang diberikan tidak maksimal, karena mereka tenaga medis harus mengurusi hal-hal yang bukan bidangnya,”ujarnya.Jumat,(25/11/2016).

“Selama ini, banyak tenaga medis dan perawat di pukesmas terpaksa turun tangan untuk mengurus kegiatan adminitrasi, dan tidak menutup kemungkinan pekerjaan utama sebagai medis yang mengutamakan pelayanan kepada masyarakat menjadi terganggu,”paparnya.

Lanjut Furiana meski ada yang  merangkap menjadi administrasi maupun bendahara, namun mereka tetap mampu menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik.

Furiana mengaku, untuk tugas adminstrasi atau akuntansi, idealnya memang dikerjakan oleh lulusan sarjana ekonomi yang sesuai disiplin ilmunya. “Ada 22 pukesmas di Magetan bila ditambah kantor dinkes, sedikitnya membutuhkan 70 tenaga administrasi,”ucapnya.

“ Saat ini,sambil menunggu adanya pengrekrutan pegawai di bidang administrasi pihak dinkes mencari solosi dengan mengunakan tenaga yang ada, tak lain adalah perawat maupun tenaga medis yang ada,”pangkasnya.Cng.

 

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.