Connect with us

SKI News

Warga Ponorogo Heboh Temukan 8 Mortir Aktif Di Ladang

Published

on

Lokasi ditemukannya 8 mortir di saluran air

Suarakumandang.com, BERITA PONOROGO. Warga Desa Ngrukem, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur dihebohkan dengan penemuan 8 Mortir yang diduga masih aktif. 8 Motir ini ditemukan oleh Suwito saat akan membersihkan ladang  yang akan ditanami jagung. Senin, (01/03/2021).

Sesuai keterangan Suwito (70) penemuan 8 mortir ini bermula saat Suwito hendak membersihkan ladangnya untuk ditanami jagung.

Saat disaluran air Suwito melihat adanya besi tua yang sudah berkarat, setelah digali ternyata sebuah mortir aktif yang diduga peninggalan jaman colonial Belanda.”Ada 8 buah saat saya temukan,”ujar Suwito.

“Karena takut jika terjadi sesuatu akhirnya penemuan 8 mortir ini saya laporkan ke pihak berwajib,”katanya.

Dijelaskan pula, bahwa di lokasi ini pernah ditemukannya mortir dan ukurannya lebih besar.”Jumlahnya ada dua buah lebih besar ketimbang yang ini, kalau tidak salah ditemukan pada tahun 1960-an,”paparnya.

AKP Suyono Kasat Sabhara Polres Ponorogo mengatakan dari hasil pemeriksaan awal mortir berdiameter 10 cm dengan panjang 40 cm . Diduga merupakan peluru pesawat tempur atau sejenis rudal.

“Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan polisi datang langsung ke lokasi memasang pembatas polisi sekaligus mengevakuasi delapan mortir untuk diamankan,”terang Suyono.

Sementara itu, setelah dievakuasi delapanmortir langsung dibawa petugas TNI Kodim 0802 Ponorogo untuk diselidiki.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.