Usai Mejeng Di TMII, Kerajinan Dan Kuliner Ngawi Pincut 23 Investor

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI. Bukan hal yang sia sia Kabupaten Ngawi mengadakan pameran dalam Gelar Pesona Budaya Jawa Timur 2019, bertajuk citra promosi potensi produk unggulan daerah, di TMII Jakarta akhir bulan Maret yang lalu.

Sebanyak 10 stand dibuat untuk memajang berbagai kerajinan bonggol jati, batik tulis Ngawi, serta sejumlah kuliner seperti kopi Selondo, teh Jamus, kripik tempe serta beberapa produk olahan makanan lainnya, melambungkan nama Ngawi pada level nasional.

Apalagi penayangan slide film selayang pandang tentang Ngawi, tak henti hentinya mewarnai etalase dan membawa imaji para pengunjung selayaknya berada langsung di kabupaten yang berjargon Ngawi Ramah ini.

Ditambah lagi sebuah sesi penampilan sendratari sang wirotani, berikut tari bedhaya puji pangesti, tari sigrak kenya ngingel dan kesenian tradional lainya seperti jaranan dan cokekan, memukau para penonton termasuk Bupati Ngawi Budi sulistyono atau Kanang yang secara khusus hadir di ajang pameran ini bersama Asisten I bidang pemerintahan dan kesejahteraan Pemprof Jawa Timur, Plt direktur penelitian dan pengembangan budaya TMII, Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Ngawi serta paguyupan warga perantauan Ngawi di Jakarta.

Wiwien Purwaningsih, Plt bidang kebudayaan Disparpora Ngawi, kali pertama mengungkapkan buah dari pameran komoditi kerajinan dan kuliner Ngawi di anjungan Jawa Timur TMII ini adalah sebanyak sedikitnya 23 investor secara khusus melakukan pembicaraan intensif usai mengunjungi stand pameran, dan berencana datang langsung ke Ngawi untuk melakukan penjajakan.

“Buah dari pameran ini adalah sedikitnya 23 investor menyatakan diri tertarik dan mulai melakukan kajian lebih lanjut mengenai Ngawi, terutama potensi batik Ngawi. Tidak hanya itu beberapa diantaranya juga melirik potensi wisata dan kuliner untuk orientasi bisnis,” kata Wiwien lebih lanjut, Rabu ( 11 /0 4/2019).

Meskipun tidak dijelaskan secara jauh realisasi para investor tersebut kapan mulai menindaklanjuti ketertarikan investasi di Ngawi, sejak ini harus menjadi PR bagi pemkab Ngawi untuk mempersiapkan diri, terutama regulasi dan garansi jika investasi yang akan di gelontorkan oleh pemilik modal tersebut akan menghasilkan serta bermanfaat bagi masyarakat Ngawi.

Jurnalis:  Ahmad

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.