Connect with us

SKI News

Transparan dan Akuntabel, Ponorogo Sabet WTP yang KE-9

Published

on

Suarakumandang.com, BERITA PONOROGO. Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Ponorogo,  Jawa Timur kembali mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2020. Anugerah WTP diserahkan langsung oleh Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Timur Joko Agus Setyono kepada Bupati Ponorogo.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko  mengatakan predikat WTP yang ke 9 kalinya telah diperoleh Pemkab Ponorogo secara berturut-turut sejak tahun 2012 lalu. “Hal ini menjadi salah satu indikator penting bahwa pengelolaan keuangan daerah Ponorogo selalu dikelola transparan dan akuntabel,” ujar Sugiri, Selasa (25/05/2021).

Lebih lanjut, tentu ini tak lepas dari dukungan jajaran pegawai dilingkungan Pemkab Ponorogo yang sejak awal punya komitmen untuk mengelola anggaran sebaik mungkin sesuai mekanisme dan aturan sudah ditentukan.

Lanjut Sugiri, ia sangat mengapresiasi sinergitas antara eksekutif dan legislatif. Anugerah Opini WTP dari BPK merupakan bukti nyata kerjasama keduanya. Sementara, Kepala BPK Perwakilan Jawa Timur Agus Setyono mengatakan pemeriksaan keuangan bertujuan untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan. Opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan.

“Pemeriksaan keuangan tidak dimaksudkan untuk mengungkapkan adanya penyimpangan dalam pengelolaan keuangan,” jelas Joko Setyono.

Namun, jika pemeriksa menemukan adanya penyimpangan dan pelanggaran ketentuan perundang-undangan khususnya yang berdampak adanya potensi dan indikasi kerugian negara maka hal ini harus diungkap dalam laporan hasil pemeriksaan.

Kata Joko Setyono, Dalam batas tertentu hal diatas mungkin mempengaruhi opini atau pun tidak atas kewajaran laporan keuangan secara keseluruhan. “Dengan demikian opini yang diberikan pemeriksa termasuk WTP merupakan pernyataan profesional pemeriksa,” pungkasnya.(Adv).

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.
error: Jangan Di Copy ya!!