Connect with us

SKI News

Penuhi Hak Warga Negara, Sugiri Sancoko Bebaskan Belasan Warga Yang Dipasung

Published

on

Suarakumandang.com, BERITA PONOROGO. Sugiri Sancoko Bupati Ponorogo bebaskan belasan warga yang dipasung. Selain mengobatkan sampai sembuh, bupati juga siap melakukan rehabilitasi jika nantinya tidak diterima lagi di masyarakat.

Ia menjelaskan akan menargetkan mulai bulan Juni 2021 ini wilayah Ponorogo sebagai wilayah bebas pasung. “Ada 15 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Ponorogo dalam keadaan terpasung dan bulan Juni ini harus bebas semuanya,” ujar Sugiri.

Seperti salah satunya Edi Rohmad (38) warga Ngumpul, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, Jawa TImur sudah belasan tahun mendapat perlakuan tak manusiawi. Dimana kaki kanan kiri diikat mengunakan rantai besi  sepanjang 1 meter.

Keluarga tepaksa memasung Edi Rohmad karena khawatir dengan keselamatan keluarga maupun tetangga.

Sebab semenjak pulang dari merantau di Malaysia tahun 2006 lalu Edi terlihat seperti mengalami depresi.  Tak jarang pula, dia mengamuk dan merusak sejumlah perabotan rumah.

Usai berbincang dengan Edi,  Sugiri Sancoko langsung membuka rantai yang membelenggu kaki, termasuk membawa Edi ke rumah sakit untuk menjalani pengobatan, termasuk akan memberikan fasilitas rehabilitasi jika nantinya warga tak mau menerima kepulangan Edi.

Sementara dari data di Dinas Kesehatan Ponorogo, terdapat 15 warga Ponorogo yang masih dipasung dengan berbagai alasan.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.(Adv)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.
error: Jangan Di Copy ya!!