Connect with us

SKI News

Taman Wisata Tawun, Sesasi Teduh Hutan Jati

Published

on

Salah satu bentuk acara musik jadul di Pasar Jadul Tawun

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI. Menikmati suasana keasrian ditengah hutan jati bersama keluarga, bisa menjadi pilihan pada masa libur atau akhir minggu anda. Salah satu destinasi yang menawarkan kenyamanan itu adalah Taman Wisata Tawun di kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Taman wisata yang berada di desa Tawun kecamatan Kasreman Ngawi ini memiliki sensasi sendiri bagi para pecinta wisata hutan.

Aksesnya yang mudah serta terletak hanya 5 KM dari pusat kabupaten ini, bisa dijangkau dari poros jalan nasional Surabaya Solo sebelum memasuki kota Ngawi jika dari arah kabupaten Madiun atau lebih tepatnya dari Caruban.

Taman Wisata Tawun tidak sekedar ruang terbuka hijau, namun berbagai fasilitas bisa memanjakan para pengunjung berbagai segmen dan usia.

Sajian kuliner khas Ngawi, berbagai pernik cideramata, bungalow kecil bertebaran di beberapa titik yang rindang menjadi landscape tempat wisata yang di kelola oleh pemda dan warga setempat ini.

Bagi anak anda tidak perlu kuatir untuk menjadi bosan, selain aneka tempat bermain, dua kolam renang anak dan remaja membuat betah untuk tetap berendam, karena air kolam bersumber langsung dari mata air yang terdapat dibagian lain dari komplek wisata ini.

“Suasana teduh benar benar didapat dari tempat wisata ini, apalagi pada siang hari di rumah terasa panas akibat suhu tinggi, datang kesini membuat menjadi betah, terlebih bagi anak anak,” kata Ineke, warga Ngawi saat menunggu kedua anaknya bermain di kolam renang.

Kesejukan dan kejernihan di kolam renang di taman wisata ini selalu terjaga karena  berasal dari sumber mata air Waduk Tawun yang dirawat secara adat oleh warga setempat.

Terlebih pada saat tertentu setiap tahunya tepatnya pada hari Selasa Kliwon dalam kalender Jawa,  mata air ini selalu digelar sebuah kegiatan warga bernama Keduk Beji, sebuah ritual yang bertujuan untuk membersihkan mata air, menjadi paket wisata lain dari tempat ini.

“Kami selalu menjaga mata air ini karena merupakan warisan dari nenek moyang kami, untuk itu perlu ada persembahan sebagai rasa syukur kami,” kata Supomo sesepuh desa Tawun kepada jurnalis suara kumandang.

Selain itu Taman Wisata Tawun juga memiliki satu event lagi yang kini enjadi paket wisata tahunan, yaitu Pasar Jadul Tawun.

Pada even ini para pengunjung disuguhkan nuansa yang benar benar jadul ( jaman dahulu-red), dimana akan ada pasar dadakan yang menggelar dagangan kuliner jadul, pemainan jadul, kostum pedagang juga jadul, bahkan transaksinya pun dengan tata cara jadul yaitu menggunakan kepingan bambu, sebuah hal unik dan hanya ada di pasar jadul Ngawi.

“Sesansinya mengena, terutama bagi anak anak, mereka bisa mengenal suasana masa lalu, makanan jaman dahulu, bahkan permainan yang ada di acara ini sangat menyenangkan bagi mereka,” kata Dian Monik, salah satu pegunjung dari Madiun.

Dari semua yang disajikan dan paket wisata yang digelar, tiket seharga Rp 5 000 perlembar yang dijual pengelola, menjadi alasan lain mengapa Taman Ria Tawun selalu menjadi pilihan bagi warga untuk mengisi agenda berlibur akhir pekan. Anda tertarik? Silahkan datang.

Jurnalis:  Ahmad Hakimi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.