Suprawoto Ajak Netizen Magetan Berkreasi Di Newsroom Dalam Jurnalisme Online

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN. Suprawoto Bupati Magetan mengajak netizen di Magetan untuk berkreasi di Newsroom dalam jurnalisme yang bertujuan untuk membangun Magetan lebih maju. Acara digelar di pendopo surya graha. Senin, (5/10/2018).

Suprawoto Bupati Magetan mengatakan pihaknya akan memberikan konsep yang pernah berhasil saat dilakukan dimasa dia menjabat kepala dinas infokom pemerintah propinsi jawa timur dan sekjen infokom RI.

Karena konsep itu dinilai berhasil maka Suprawoto akan mengaplikasikan di kabupaten Magetan.“ Berharap konsep yang akan saya berikan nanti bisa digunakan netizen Magetan untuk membangun Kabupaten Magetan lebih maju melalui neswroom,”ujar Suprawoto

Konsep ini akan dibagi menjadi beberapa devisi, diantara devisi audio visual, devisi cyber, devisi media sosial, devisi cyber makerting, dan devisi education  office,”katanya.

“Misalkan devisi newsroom, tugas reporter infokom Magetan adalah  mengikuti saya dijam kerja untuk menyiarkan secara langsung kegiatan saya. Selain mengikuti saya ada sebagian petugas  yang datang ke kantor-kantor dinas untuk menanyakan kegiatan yang perlu diliput,”terang Suprawoto.

“Dengan begitu harapan saya semua kegiatan pemerintah kabupaten Magetan bisa terexpos lewat media internal pemerintah,  entah itu lewat radio Magetan Indah, website pemkab maupun lewat  media sosial pemkab seperti facebook, whatsapp dan Instagram. Dengan begitu  masyarakat Magetan akan tahu  kegiatan pemerintah pada saat itu,”terangnya.

“Kalau kita menggantungkan media lain maka kegiatan pemerintah tidak akan bisa terexpos secara keseluruhan. Maka dengan adanya newsroom ini berharap semua kegiatan sekecil apapun  bisa terexpos dan masyarakat tahu, ”katanya.

Seperti contoh lain yaitu devisi cyber marketing, dimana akan dibuat media  tempat berjualan berbagai produk UKM dan produk Magetan. Seperti produk produk kerajinan kulit, kerajinan bamboo, anyaman atau produk konsumsi seperti kerupuk rambak dan produk lain.

Suprawoto mengarahkan jika semua nanti sudah terbentuk maka UKM tersebut bisa dikelola.”Kita buat nama tokonya terserah adik-adik mau kasih nama apa itu terserah, kita ambil contoh saja pasar Magetan atau Magetan kumandang yang penting gampang diingat oleh konsumen,”tuturnya.

“ Kita contoh beri nama “pasar Magetan” dari nama tersebut adik-adik bisa menjual nya lewat media sosial yang kalian kelola bersama. “Disitu kita pasang macam produknya dengan harga serta ongkos kirim. Tapi disini kita jangan mengambil dari UKM, akan tetapi dibeli dan nanti kita kerjasama dengan kantor pos di Magetan,”ucapnya.

Suprawoto mengaku jika sudah melakukan kerjasama dengan PT Pos Indonesia, ternyata setelah diketahui ada perlakuan khusus bagi UKM, sebab di  develory ada kortingan. Selama ini yang menjadi permasalahnya adalah  develorynya yang mahal,”kata Suprawoto lagi.

“Nanti akan saya komunikasikan dengan pak Rudi Kantor Pos di Magetan. Saya dulu pas waktu selaku sekjen saya selalu menandatangani  Public Service Obligation (PSO). Kalau nggak salah PSO kantor pos itu sebanyak Rp 700 miliyar pertahun. Kantor pos itu 60 persen tidak ada proyek, maka sebab itu pemerintah pusat wajib memberi PSO. Sehingga dengan demikian kantor pos Poncol, Takeran dan masih banyak lainnya bisa disubsidi PSO dari Rp 700 miliyar”kata Suprawoto lagi.

Suprawoto dalam sambutan terakhir memprsilakan netizen di  Magetan untuk bergabung membangun Magetan lebih maju dan lebih baik melalui kreasi newsroom.”Kegiatan ini akan di SK-kan kepala dinas Infokom, tapi jika kalian tidak percaya diri saya sanggup untuk memberikan SK dan nanti saya akan tandatangani,”katanya.

“Tolong dengan hormat sesegera mungkin untuk dibentuk kepengurusan dan nanti teknik dalam pengerjaan saya pasrahkan sepenuhnya kepada dinas terkait. Dan saya menunggu dan sesegera mungkin lebih cepat lebih baik,”tegas suprawoto.

Sementara itu, dalam acara audensi yang digelar di ruang pendopo surya graham dihadiri sedikitnya 50 netizen diantaranya komunitas Facebook “Berita magetan”, TIK Kabupaten Magetan,  kepala dinas perindustrian dan perdagangan, kepala Bagian Humas ,  serta Plt  kepala Dinas Komunikasi dan informatika kabupaten Magetan.Cahyo.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.