Situs Prasejarah Arca ditemukan di Hutan Wonomulyo Poncol Magetan

Inilah batu prasejarah ditemukan oleh warga Magetan

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Beberapa hari ini Warga Wonomulyo, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur dihebohkan dengan adanya penemukan situs arca di kawasan hutan Wonomulyo. Awalnya warga berniat membangun daerah tersebut menjadi kawasan lokasi wisata.Selasa,(26/12/2017).

“Saat kami membersihkan rumput, tiba-tiba salah satu warga kami menemukan sebuah batu diantara semak-semak  belukar, dan setelah kami lihat batu itu berbetuk seperti kepala raksasa,” ujar Supono Perangkat Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan.

Situs Arca berbentuk kepala raksasa itu, diduga situs peninggalan Kerajaan Majapahit. Sebelumnya warga desa sekitar sama sekali tidak mengetahui keberadaan situs tersebut. Tetapi memang ada kisah dulunya tempat tersebut dijadikan Padepokan Ki hajar Wonokoso untuk memberikan ilmu kesaktian kepada muridnya.

“Memang dulu pada jaman kerajaan Majapahit tempat ini merupakan Padepokan Ki Hajar Wonokoso, untuk memberi ilmu kesaktian kepada muridnya yang terkenal dengan  sebutan ilmu Sepi Angin” terang Supono

Ki Hajar Wonosoko merupakan resi pada jaman Kerajaan Majapahit, sekaligus tokoh yang membabat Dukuh Wonomulyo, Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, kabuapaten Magetan.

Dengan temuan situs Arca tersebut warga berencana akan menjaga dan merawatnya, karena ini merupakan salah satu bukti sejarah khususnya peninggalan Kerajaan Majapahit.

“Kami menduga dan keterangan dari para sesepuh desa, disekitar lokasi ditemukannya situs Arca tersebut, masih banyak situs lainnya yang masih tertimbun hanya saja warga belum berani menggalinya,”pungkasnya.Rina.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.