Siswa SMKN 1 Bendo Magetan Kembali Raih Juara LKS Tingkat Nasional

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN. Sahroni siswa asal SMKN 1 Bendo Kabupaten Magetan, Jawa Timur  kembali menorehkan prestasi gemilang setelah menyabet juara pertama Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Nasional.

Satyo Prahnowo  Technical Service Division Head PT. Mitra Pinasthika Mulia ( MPM) mengatakan sebelum menjuarai tingkat nasional di DI Yogyakarta Sabtu,(13/07/2019) lalu, Sahroni pernah menjuarai LKS tingkat Jawa Timur, yang berlangsung pada Sabtu, (25/04/2019) kemarin di Surabaya.

“Keberhasilan Sahroni ini membuktikan bahwa siswa SMKN 1 Bendo mempunyai  keterampilan yang teruji dan selaras dengan perkembangan teknologi terkini yang ada di dunia industri kendaraan roda dua,”ujar Satyo kepada jurnalis Suara kumandang.

Dijelaskan pula, bahwa Sahroni merupakan siswa kelas 12 SMKN 1 Bendo jurusan Teknik Bisnis  Sepeda Motor(TBSM) atau dulunya dengan jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM).

“Sahroni  merupakan binaan MPM distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT bersama PT Astra Honda Motor,”kata Satyo.

Lanjut setyo, event LKS diadakan oleh Menteri Pendidikan Nasional dengan format seperti Kontes SMK namun berskala nasional yang melibatkan semua merek untuk materi pengujiannya dan diikuti seluruh SMK jurusan TSM/TBSM di seluruh Indonesia.

“Kompetisi LKS untuk SMK yang diadakan tahun ini menjadi special, dikarenakan untuk kali pertamanya kompetisi ini melombakan jurusan TKM/TKR,”ucap Satyo.

Masih kata Setyo,  dalam perlombaan ditingkat provinsi peserta harus saling unjuk ketrampilan, skill, kesiapan, kemampuan dan kepandaian.” Peserta juga diberikan 12 jenis soal Praktek Meja dan juga trouble shooting,”paparnya.

“Sebelumnya Sahroni menjuarai LKS tingkat Nasional, pada tahapan LKS tingkat provinsi ini dipilih 3 terbaik. Dan terbaik pertama akan mewakili Jawa Timur untuk bertarung dengan 33 siswa SMK terbaik dari seluruh provinsi Indonesia di LKS tingkat nasional. Dan Sahroni berhasil meraih juara LKS Tingkat Nasional,”jelas Satyo lagi.

Sementara itu, Sahroni mengaku sangat bangga bisa menjadi terbaik di tingkat nasional dalam perlombaan LKS.”Saya ucapkan terima kasih kepada sekolah AHM dan MPM yang telah memberikan supportnya kepada saya sehingga bisa menjadi yang terbaik,” senang Sahroni.

Berikut Seleksi regional yang diadakan pada bulan Februari tahun 2019 lalu  di 4 wilayah kerja.

Seleksi Wilayah kerja 1 meliputi Madura, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro yang diadakan di Surabaya

Seleksi di wilayah kerja 2 yang meliputi Madiun, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Ngawi, Nganjuk, Jombang di adakan di Madiun. Sedangkan seleksi diwilayah kerja 3 meliputi Malang Raya, Blitar, Tulungagung, Kediri, Mojokerto diadakan di Malang. Dan untuk seleksi  wilayah kerja 4 yang meliputi Banyuwangi, Jember, Bondowoso, Situbondo, Probolinggo,  Lumajang, Pasuruan, diadakan di Probolinggo.

Di masing – masing seleksi tingkat wilayah kerja diambil 5 peserta terbaik pada yang mengikuti seleksi LKS tingkat propinsi pada tanggal 24 – 27 April 2019 yang  dilaksanakan di Sidoarjo dan Surabaya. Diantara 20 peserta yang lolos mengikuti seleksi LKS tingkat propinsi 16 diantaranya merupakan siswa SMK TBSM Honda binaan dari MPM.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.