Connect with us

SKI News

Satpol PP Ngawi Manfaatkan Pawai 1 Muharrom Dengan Sosialisasi DBHCHT

Published

on

Salah satu rangkian acara pawai peringati Tahun Baru 1 Muharrom 1445 Hijiriyah salah satunya pawai yang dilakukan pada hari Selasa,(18/07/2023) lalu.

Suarakumandang.com. BERITA NGAWI. Beberapa rangkian acara Tahun Baru 1 Muharrom 1445 Hijiriyah salah satunya pawai yang dilakukan pada hari Selasa,(18/07/2023) lalu. Pemerintah Kabupaten Ngawi, Jawa Timur manfaatkan untuk sosialisasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT).

Rahmad Didik Purwanto, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja(Satpol PP)Kabupaten Ngawi  mengatakan pihaknya sengaja sosialisasi DBHCHT

dengan menfaatkan rangkian acara Tahun Baru 1 Muharrom 1445 Hijiriyah karena melibatkan banyak orang, “Sehingga akan lebih tepat sasaran serta efektif dan efisien,”ujar Didik.

“Sambil acara berjalan dengan slogan ”gempur rokok ilegal”, kita sosialisasi ke  masyarakat yang saat ini sedang melihat acara,”jelasnya.

Dalam sosialisasi masyarakat harus mengetahui apa itu rokok ilegal, ciri-cirinya dan sanksi terhadap pelanggarannya.

Keberadaan rokok ilegal di masyarakat perlu diwaspadai, dengan ciri-ciri 2P dan 2B, polos dan palsu serta bekas dan berbeda.

Selain itu, sangsi pelanggaran terhadap peredaran rokok ilegal mulai dari ancaman kurungan 1 hingga 8 tahun penjara serta denda hingga 10 kali lipat dari nilai cukainya.

Acara pawai berlangsung sangat meriah. ada 9 gunungan sayur dan hasil bumi serta laga sepak bola api yang sempat dicoba langsung oleh Bupati Ngawi dan jajarannya.

Selain itu, mengarak 4 kerbau mengelilingi alun-alun Ngawi, yang mana mengandung filosofi bahwa kerbau memiliki banyak manfaat untuk membantu petani menggarap sawah, suka kebersihan, bisa menyimpan hawa nafsu.  

Dalam hal ini, dapat menjadi pengingat kepada manusia harus bisa lebih baik dari hewan kerbau tersebut.

Jurnalis: Ahmad Hakimi (Adv).

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *