Sambang Desa di Wonomulyo, Semua OPD diajak Nginap dirumah Warga

puncak acara sambang desa di dukuh Wonomulyo Magetan . bupati dan OPD bertatap langsung

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN. Baru kali pertama pemerintah kabupaten Magetan, Jawa Timur mengadakan acara sambang desa yang mempunyai kesan tersendiri. Yakni semua organisasi perangkat Daerah (OPD) diajak menginap di desa  yang mempunyai dataran lokasi tertinggi di Magetan dan terpencil jauh dari keramaian kota.

Sambang desa Sinergi Bursa Inovasi Desa Cluster II Kabupaten Magetan 2019 Poncol, Plaosan, Parang, Sidorejo, Panekan dan Magetan, diadakan di dukuh Wonomulyo desa Genilangit, kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Bupati Magetan Suprawoto mengatakan pihaknya mengadakan acara  sambang desa di Wonomulyo karena ada keunikan yang terdapat pada dukuh Wonomulyo. Selain itu juga untuk mendekatkan  pejabat kepada masyarakat dengan cara bermalam di rumah warga.

“Dukuh Wonomulyo di desa Genilangit ini merupakan desa yang letaknya tertinggi di kabupaten Magetan yang  mempunyai ketinggian lebih dari lokasi wisata Sarangan, bahkan di dukuh Wonomulyo suhunya pernah mencapai 8 derajat celcius,”ujar Suprawoto Bupati Magetan kepada jurnalis suara kumandang.Kamis,(08/08/2019).

Dikatakan  pula, Keunikan lain bahwa di dukuh Wonomulyo merupakan sebuah miniatur kebhinekaan , sebab di dukuh Wonomulyo terdapat masyarakat yang  memeluk bermacam agama mulai dari agama Islam, Hindu, dan Budha.”Ini luar biasa, ini menurut saya adalah miniature Indonesia,”kata Suprawoto usai acara sambang desa.

“Alasan kenapa saya mengajak seluruh OPD di Magetan untuk bermalam di dukuh Wonomulyo supaya dapat mengetahui kehidupan masyarakat dukuh Wonomulyo  secara langsung,”paparnya.

Menurutnya, selain dengan menginap di rumah warga Wonomulyo kepala dinas biar tahu betul  kehidupan mereka sebenarnya.

“Sedangkan dalam acara ini kita bisa duduk bareng bersama warga, dan disitu masyarakat bisa menyampaikan uneg-unegnya sehigga permasalah-permasalah di desa bisa terselesaikan hari itu juga,”jelas Suprawoto kepada jurnalis suara kumandang.

Senada yang dikatakan Bupati Magetan,   Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Magetan (Permasdes) Eko Muryanto mengatakan tujuan dari acara sambang desa adalah untuk mendekatkan para pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten Magetan dengan masyarakat di dukuh Wonomulyo, khususnya di desa Genilangit.

“Yang bertujuan untuk menangkap informasi-informasi.  Jadi kami memberikan program, terus masyarakat menangkap yang akhirnya terjadi Sinkronisasi dalam menjalankan program-program pembangunan, dengan harapan program pemerintah akan tepat sasaran,”kata Eko.

Sementara itu, untuk bisa menampung seluruh OPD maupun pejabat lain bisa bermalam di dukuh Wonomulyo pihak pemerintah kabupaten Magetan menyewa 15 rumah milik warga dengan satu rumah diisi 3 OPD.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.