Connect with us

SKI Kesehatan

Pemain Ludruk Suromenggolo di Magetan dicek Petugas Puskesmas Lembeyan

Published

on

Saat petugas medis dari puskesmas Lembeyan lakukan pengecekan salah satu pemain ludruk Suromenggolo

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN. Puskesmas Lembeyan bersama dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, Jawa Timur mengadakan pengecekan kesehatan,  penyuluhan dan pembinaan kepada pemain ludruk Suromenggolo di desa Tunggur, Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.Kamis,(08/08/2019).

dr.Tatang Broto Legowo kepala Puskesmas Lembeyan mengatakan pihaknya bersama dinas kesehatan mengadakan pengecekan dan penyuluhan terhadap pemain kesenian ludruk suromenggolo dilakukan secara rutin setiap 3 bulan sekali.

“Kita dari puskesmas Lembeyan bersama Dinas Kesehatan melakukan pembinaan, pengecekan dan penyuluhan  terhadap teman-teman yang tergabung di kesenian ludruk Suromenggolo yang ada di desa Tunggur kecamatan Lembeyan,”ujar Tatang kepada jurnalis suara kumandang.

Dalam pembinaan ini pihak puskesmas lembeyan dibagi menjadi dua yakni pertama Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) kedua yakni Pos Usaha Kesehatan Kerja (UKK).

Dijelaskan, Posbindu PTM merupakan pos tindakan terpadu untuk penyakit menularnya, sedangkan pos  UKK adalah untuk upaya kesehatan kerja.

“Kita masuk dua-duanya ini tujuannya adalah untuk mendekat diri terkait pelayanan. Dari sini kita bisa mengikuti sejak awal, kalaupun nanti ada indikasi penyakit-penyakit  tertentu jadi nanti kita  bisa menyampaikan dan menindak lanjuti, berharap untuk kedepannya lebih baik,”kata Tatang usai melakukan pengecekan bersama 14 tenaga medis.

Dan tadi kita bersama teman-teman medis, selain memberi pembinaan dan penyuluhan kita juga mengadakan pengecekan kesehatan.”Kita lakukan secara rutin, sementara  tadi kita lakukan pengecekan kadar gula dan tensi, karena dua indikasi ini sesuai evaluasi pada bulan april kemarin dari 30 sampai 40  teman-teman kesenian ludruk dari 10 telah mengidap hipertensi dan diabetes ,”jelas Tatang lagi.

“Untuk pengecekan ini kita baru melaksanakan dua kali. Target kita minimal setahun sebanyak 3 kali untuk pengecekan,”terang Tatang.

Tatang mengaku bahwa teman-teman dari kesenian ludruk Suromenggolo sangat terbuka dan bisa diajak untuk kerjasama.”Mereka  sangat senang sekali, sementara yang hadir tadi cuman 27 orang, tapi kalau  hadir semua jumlahnya sekitar 40 orang,”papar Tatang.

Eka Sanjaya ketua kesenian ludruk Suromenggolo mengaku senang dengan kehadiran teman-teman dari dinas kesehatan Magetan untuk perduli tentang kesehatan.“Pertama saya bahagia sekali, senang sekali, kami merasa tersanjung karena kami dari jiwa seni merasa dihargai  diperhatikan oleh teman-teman dari tim kesehatan Magetan khususnya dari puskesmas Lembeyan,”senang EKa Sanjaya.

“Selain dicek kesehatanya kami juga diberikan pembinaan, penyuluhan tentang pentingnya kesehatan, Kalau menurut saya kesehatan itu sangat penting,”pungkasnya.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.