Road Show KPK di Ponorogo, Ipong Segera Buat Perbup Pendidikan Anti Korupsi

Suarakumandang.com,BERITA PONOROGO, Kunjungan Road Show Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi di kabupaten Ponorogo disambut langsung oleh bupati Ponorogo di pendopo Agung, Jumat,(20/09/2019).

“Dari kunjungan bus KPK di Ponorogo dalam acara road show jelajah negeri Bangun Anti Korupsi adalah memberikan edukasi dan sosialisasi kepada anak-anak dalam menguatkan semangat antikorupsi,”ujar Bupati Ponorogo Ipong Muchlisoni.

Kata Ipong,  salah satu pelajaran yang saya petik dari acara road Show KPK, sepertinya Ponorogo perlu membuat peraturan Bupati (Perbup) tentang penyisipan pendidikan anti korupsi disekolah.

“Ini saya jadikan prioritas untuk saya bikin, nah kalau perbup ini sudah ada maka ada sisipan pelajaran anti korupsi disekolah mulai dari PAUD sampai tingkat SLTA,”ucap Ipong.

Masih kata Ipong, soal materi nanti akan di bantu KPK. ”Buku-bukunya akan kita dapatkan dulu, Perbupnya kita buat, habis gitu kita buat silabus atau kurikulumnya,” papar Ipong.

Dia pun mengklaim, bahwa berdasarkan peringkat, Ponorogo menjadi terbaik kedua di Jawa Timur dalam pencapaian pertanggung jawaban pencegahan korupsi terintegrasi atau MCP.

Sesuai pantuan jurnalis suara kumandang, usai membuka acara Road Show Bus KPK di Pendopo Agung Ponorogo, Bupati Ponorogo Ipong Muchlisoni dan Jajaran, Forkopimda dan Penasehat KPK Tsani Annafari langsung mengunjungi stand Pameran layanan publik stand KPK Bus KPK.

Sebelumnya diberitakan, Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan parkir di Ponorogo pada 19 hingga 21 September 2019. “Tiga hari nanti Ponorogo akan dikunjungi KPK. Dan Pemerinta kabupaten Ponorogo sebagai tuan rumah,” kata Kasubbag Humas Pemkab Ponorogo, Alim Nor Faizin, Selasa (10/9/2019) lalu.

Alim menambahkan, road show tersebut merupakan bentuk sosialisasi untuk mengedukasi masyarakat dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi. “ KPK juga akan mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam proses pencegahan korupsi tersebut,”terang Alim kepada jurnalis suara kumandang.

Beragam kegiatan menarik akan digelar KPK di Ponorogo. Diharapkan sosialisasi yang dilakukan KPK bisa efektif dan mengena di masyarakat, sehingga, masyarakat lebih paham program yang dilakukan KPK. “Masyarakat bisa datang ke acara road show KPK selama tiga hari itu,” kata Alim.

Kegiatan yang bakal digelar itu di antaranya talkshow di radio lokal Ponorogo, pameran pelayanan pubik dari kejaksaan, kepolisain, Dinas Kependudukan dan Dispendukcapil. Juga ada pameran dari KPK tentang sosialisasi pengaduan masyarakat serta pameran kuliner.

Tidak hanya itu, Alim menyebut bila acara itu akan melibatkan pelajar mulai dari TK hingga SMA sederajat. Juga diisi dengan berbagai kegiatan menarik seperti boardgame, kuis interaktif dan menonton film pendek.

“Silahkan datang. Ada beberapa lokasi nantinya. Di alun-alun Ponorogo, Pendopo Kabupaten Ponorogo, Gedung DPRD Ponorogo, Gedung Bappeda, panggung utama Alun-alun Ponorogo dan areal car free day,” pungkasnya.

Jurnalis: Yoga Kariem (Magang).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.