Connect with us

SKI News

Ribuan Ternak Di Magetan Terjangkit PMK, 12 Ekor Mati

Published

on

ilustrasi

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Sesuai data dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Magetan, Jawa Timur pertanggal 13 Juni 2022 jumlah ternak yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sebanyak  1.742 ekor, sembuh 975 ekor dan 12 mati.

“Dari jumlah ternak yang terjangkit PMK tersebut tersebar di 98 Desa 18 kecamatan,” ujar Nur Hariyani kepala Disnakan Kabupaten Magetan.

Upaya langkah yang dilakukan pihak pemerintah yakni melakukan edukasi, sosialisasi kepada masyarakat baik secara langsung ke desa-desa.

“Tak hanya itu saja, kami juga melakukan sosialisasi melalui media sosial, podcast, radio maupun baliho mapun leaflet,”jelas Nur.

Dijelaskan pula, ada dua edukasi yang diberikan kepada peternak yakni edukasi untuk penanganan yang bisa dilaksanakan secara mandiri oleh peternak, menggunakan obat-obatan tradisional dan obat oral, semprot, oles dengan resep2 yang sudah kita sampaikan.

“Edukasi ini perlu kita sampaikan karena keterbatasan tenaga keswan dan obat,”ungkapnya.

Masih kata Nur, edukasi kedua yakni kepada  masyarakat untuk tidak panik karena PMK bisa disembuhkan, asalkan segera ditangani dari awal.

“Dalam hal ini kami harapkan para peternak untuk telaten, sabar mengobati ternaknya,  Menjaga hygiene sanitasi kandang dan rajin desinfeksi,”paparnya.

Selain itu, pihak pemerintah akan melaksanakan  desinfeksi serentak di seluruh kandang, lingkungan kandang, pasar hewan,  Rumah Pemotongan Hewan (RPH) atau Tempat Pemotongan Hewan (TPH).

Langkah selanjutnya untuk mengatasi PMK di kabupaten Magetan pihak pemerintah sudah melakukan diantaranya  update data populasi ternak berbasis desa untuk persiapan vaksinasi, dan Proses pengusulan Belanja tidak terduga (BTT) untuk pengadaan obat dan sapras pendukungnya.

Sementara itu, pihak pemerintah  untuk tataniaga ternak lintas kabupaten dan provinsi  tetap bisa dilaksanakan, dengan melengkapi dokumen pendukungnya.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Ribuan Ternak Di Magetan Terjangkit PMK, 12 Ekor Mati - Kabar Magetan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.
error: Jangan Di Copy ya!!