Connect with us

SKI News

Ribuan Pelajar di Ponorogo Terjaring Operasi Patuh Semeru 2019

Published

on

Suarakumandang.com,BERITA PONOROGO. Operasi patuh yang digelar Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Ponorogo, Jawa Timur berhasil menilang sebanyak 2.352 kendaraan roda dua maupun roda empat  selama 2 pekan sejak 29 Agustus sampai 11 September 2019. Dari Jumlah itu lebih dari 50 persen adalah pelajar.

Kasat Lantas Polres Ponorogo AKP Bambang Prakoso Mengatakan dari 2000-an tilangan itu, pengendara yang berstatus sebagai pelajar masih mendominasi. Setidaknya ada 1.819 pelanggar.”Kan jika dipersentasekan  lebih dari 50 persen,” ujar Bambang kepada jurnalis  suara Kumandang, Kamis (12/09/2019).

“Dari 1819 pelanggar itu ada 1.065 pelanggar yang belum mengantongi surat ijin mengemudi atau  SIM,”kata Bambang.

Masih kata Bambang, sisanya tidak memiliki kelengkapan berkendara seperti tidak membawa STNK, helm tidak SNI, dan motot tidak sesuai standar pabrik.

Sedangkan untuk pelanggaran pengemudi mobil dan kendaraan khusus didominasi oleh para pengemudi yang mengabaikan penggunaan sabuk pengaman dan belum memiliki SIM golongan A khusus untuk kendaraan roda 4 sejumlah 212 pelanggar.

“Untuk kendaraan roda 4 kebanyakan mereka menyepelekan akan pentingnya sabuk keselamatan, padahal aturan sudah sering kita sosialisasikan,” imbuhnya.

Meski Operasi Patuh Semeru telah selesai digelar ia berharap para pelanggar ini tidak mengulangi kesahalannya. Terlebih untuk para pelajar yang belum memilik SIM C sebaiknya menggunakan angkutan umum.

“Jika memang tidak ada angkutan umum alangkah baiknya untuk menumpang bersama teman yang sudah memiliki SIM, sehingga bisa mengurangi kepadatan lalu-lintas saat jam sibuk,” pungkasnya.

Jurnalis: Yoga Kariem (Magang).

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.