Connect with us

SKI News

Resahkan Santriwati Ponpes, Kera Liar Berhasil Diamankan Petugas Gabungan

Published

on

Seekor kera yang berhasil dimanakan oleh petugas gabungan

Suarakumandang.com, BERITA PONOROGO. Akhirnya Petugas Gabungan berhasil mengamankan seekor kera yang meresahkan. Seminggu sudah santriwati Pondok Pesantren Al-Hasan yang berada di Kelurahan Patihan Wetan, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur diresahkan dengan kera liar yang sering mengejar bahkan mencuri makanan milik santriwati.

Atik Umahati santriwati Ponpes Al-Hasan mengatakan bahwa kera liar tersebut sudah sepekan meresahkan para santriwati. Pasalnya kera kerap masuk lingkungan ponpes untuk mencari makan. ” Sebenarnya keranya cuman cari makan tapi kan mbak-mbak takut badannya besar. Sehari bisa 5 kali masuk ponpes jadinya kan rame. Apalagi kera sering mengejar mbak-mbak juga,” jelasnya.

“Namun, kalau sama akang-akang kera lari, takut gaberani langsung lari masuk semak belukar. Tapi, kalau sama mbak-mbak malah dikejar,” ungkapnya.

Masih kata Atik, selain sering mengejar santriwati di pondok, kera juga berani masuk ke asrama kamar santriwati untuk mencuri sejumlah makanan milik santriwati.

Kera liar yang berjenis kelamin jantan ini diketahui berusia sekitar 10 tahun. Untuk asal muasal kera tersebut belum diketahui. Entah kera liar yang turun dari hutan, peliharaan orang yang lepas, atau sengaja dilepas oleh pemiliknya.

Sudarsono petugas PMK Kabupaten Ponorogo menyampaikan bahwa upaya pengamanan kera liar tersebut cukup lama meskipun sudah mengerahkan banyak tenaga. ” Proses penangkapan kera ini cuku lama karena kera ini berani menyerang dan cukup gesit untuk ditangkap secara manual,”katanya.

Lanjutnya, upaya penangkapan kera liar ini dilakukan petugas gabungan dari polisi, PMK, BPBD, serta relawan SAR Kabupaten Ponorogo. ” kera baru bisa ditangkap dengan jebakan kandang yang diisi berbagai macam makanan,”pungkasnya.

Setelah berhasil ditangkap dan dievakuasi, rencana selanjutnya kera liar ini akan dikirim ke BKSDA Madiun dan akan dilepas liarkan.

Jurnalis: Nuvreilla.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.