Connect with us

SKI News

PWI Magetan Resmi dilantik di Surya Graha

Published

on

Anggota PWI Kabupaten Magetan 2019 usai dilantik di Surya Graha Kabupaten Magetan. Jumat,(12/07/2019)

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN. Lima anggota Persatuan Wartawan Indonesia di Kabupaten Magetan, Jawa Timur telah resmi dilantik langsung oleh Ketua PWI Jawa Timur, Ainur Rohim. Acara pelatikan diadakan di pendopo Surya Graha Kabupaten Magetan,pukul 09.00 WIB, Jumat,(12/07/2019).

“PWI adalah sebuah organisasi yang berkomitmen untuk memajukan dunia jurnalis di Indonesia,”ujar Ainur Rohim ketua PWI Jawa Timur dalam sambutanya.

Dijelaskan pula  wartawan selain dibatasi oleh ketentuan hukum seperti undang-undang pers nomor 40 Tahun 1999 juga harus berpegang kepada kode etik jurnalistik. “ Semua ini  bertujuan agar wartawan dapat bertanggung jawab dalam menjalankan profesinya sebagai wartawan,”kata Ainur.

Dalam sambutanya Ainur Rohim menyampaikan bahwa saat ini yang menjadi konsen dari dewan pers adalah dalam pemberitaan anak-anak.

“Seperti misal dalam pemberitaan anak dibawah umur  pihak dewan pers menekan untuk tidak memunculkan identitas anak tersebut  secara lengkap. Kalaupun dalam penulisan  alamat  hanya sebatas wilayah kecamatan saja. Ini dilakukan karena dewan pers untuk memberikan perlindungan kepada anak  yang terlibat dalam masalah,”kata Ainur.

Sementara itu, Bupati Magetan Suprawoto merasa bangga dengan berdirinya PWI di Kabupaten Magetan.“Kami ucapkan selamat kepada pengurus PWI yang baru dilantik, kedepan harapan saya dengan adanya PWI di Kabupaten Magetan bisa membawa Magetan lebih baik,”kata Suprawoto dalam sambutanya.

Suprawoto berharap masyarakat dapat menyikapi kondisi di tengah gencarnya arus informasi, kita harus bijak untuk mengakses informasi yang berupa karya jurnalistik atau informasi media sosial semata.

“Yang perlu diwaspadai adalah informasi media sosial yang belum bisa dipastikan kebenarannya. Untuk itu kita perlu selektif dalam menerima informasi sehingga informasi yang kita terima benar-benar bisa memberi ” Value” (nilai) untuk kita,”ucap Suprawoto.

Bupati berharap bisa terjalin sinergi antara pemerintah dengan insan pers untuk bersama mengemban fungsi masing-masing dalam membangun Magetan. Pemerintah sebagai pelaksana pemerintahan sedangkan jurnalis  memegang peran sebagai fungsi control .

 

Pengurus PWI di Kabupaten Magetan sebagai berikut :

  1. Ketua                    : Noorbiyanto (Koran Memo)
  2. Wakil Ketua Satu : Muhamad Kilat Adinugroho Syaiful (Times Indonesia.Co.Id)
  3. Wakil Ketua Dua  : Muhamad Ramzi (JTV)
  4. Sekretaris             : Cahyo Nugroho (SUARA KUMANDANG)
  5. Bendahara            : Anton Suroso (HARIAN BANGSA)

 

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.