Dipilih Serentak, 178 Kades Terpilih dilantik Beda Waktu

Kasi Pembangunan Desa DPMD Ngawi, Arif Syaifudin merinci proses menuju pelantikan para kades terpilih jatuh pada Bulan Oktober meskipun dipastikan tidak seluruhnya, DPMD pun kini tengah mempersiapkan teknis pelaksanaan.

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI. Usai pemilihan kepala desa ( pilkades ) serentak kabupaten Ngawi, Jawa Timur 29 Juni yang lalu, tahapan berikut yang kini tengah dipersiapkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( DPMD ) adalah tahap pelantikan.

Sebanyak 178 kepala desa terpilih telah bersiap menunggu momen itu, untuk memastikan keabsahan secara hukum atas jabatan yang diembanya. Dalam rentang bulan Juni hingga akhir tahun 2019 dan awal 2020, terdekat masa habis jabatan kades berakhir pada bulan Juli sebanyak 110 desa sisanya diakhir tahun ini, dengan 3 desa terakhir yaitu desa Macanan Kecamatan Jogorogo, desa Jagir Kecamatan Sine, dan desa Lego Wetan Kecamatan Bringin masa habis jabatan pada awal tahun 2020.

Kasi Pembangunan Desa DPMD kabupaten Ngawi, Jawa Timur  Arif Syaifudin merinci proses menuju pelantikan para kades terpilih tersebut berawal dari pelaporan BPD ke tingkat kecamatan dalam waktu 7 hari, selanjutnya kecamatan mengajukan laporan tersebut ke Bupati juga dalam rentang 7 hari. Tahapan berikutnya Bupati mempunyai waktu maksimal 30 hari untuk menerbitkan SK, dan pada titik ini baru penetapan hari pelantikan dalam waktu 30 hari berdasar tanggal SK.

“Meskipun pelaksanaan pilkades dilakukan secara serentak, namun dalam pelantikanya masing masing belum tentu bersamaan, hal ini terkait proses menuju pelantikan dan masa jabatan kades yang kini masih aktif dimasing masing desa, dari estimasi total waktu tersebut, maka agenda pelantikan diperkirakan jatuh pada bulan Oktober mendatang.” terang Arif.

Seperti yang diberitakan SKI sebelumnya pada pelaksanaan pilkades serentak yang didanai APBD senilai 9,4 milyar ini diikuti oleh 457 cakades dari 178 desa yang tersebar di 19 kecamatan berakhir dengan lancar.

Jurnalis:  Ahmad Hakimi

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.