Connect with us

SKI News

Puluhan Hektar Sawah di Baron Magetan Terancam Gagal Panen

Published

on

Beginilah kondisi sawah milik Sunoto warga desa Baron Magetan mengering dan terancam gagal panen

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN. Puluhan hektar sawah  di desa Baron, Kecamatan/ Kabupaten Magetan, Jawa Timur terancam gagal panen. Karena memasuki musim kemarau dan kurangnya air irigasi dari telaga Sarangan.

Adalah Sunoto (50) warga desa setempat panen kedua di tahun 2019 hasil panennya terancam gagal panen. Dia mengeluhkan  gagal panen tersebut, menurutnya  karena aliran irigasi dari telaga Sarangan tidak maksimal dan selain itu memasuki musim kemarau.

“Padi yang terancam gagal panen seluas sekitar 30 hektar bahkan tidak bisa panen, sedangkan 50 hektar saat ini sudah mulai mengering , tapi masih bisa diselamatkan dengan syarat segera mendapatkan pengairan air dari irigasi,”ujar Sunoto.

Masih kata Sunoto, jika tidak segera ditanggulangi, maka tanaman padi warga diwilayah Baron berpotensi gagal panen karena tidak bisa dialiri air ke persawahan.

“Kami mendesak kepada bupati Magetan agar memikirkan nasib petani yang merugi karena terancam gagal panen, ”keluh Sunoto.

Menurut Sunoto,  jika perhektar sawah kerugian panen mencapai sekitar 8 juta, jika luas sawah mencapai 50 hektar bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Sementara itu, sesuai informasi  selain desa Baron juga terancam gagal panen karena kesulitan air irigasi yakni Kelurahan Sukowinagun, Tambran dan kelurahan Polorejo.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.