Connect with us

SKI News

PT KAI Daop 7 Madiun Tutup Dua Perlintasan Kereta Api Liar

Published

on

Sejumlah petugas KA sedang melakukan penutupan perlintasan sebidang dengan cara dilas

Suarakumandang.com,BERITA MADIUN. Dua perlintasan sebidang atau jalur liar yang terletak diantara Stasiun Jombang dengan stasiun Sembung ditutup oleh PT KAI (persero) Daerah Operasi (DAOP) 7 Madiun. Senin,(12/08/2019);.

“Penutupan dua perlintasan sebidang, pertama tidak ada ijin, kedua berpontesi membahayakan bagi pengguna perlintasan liar dan sebentar lagi akan dioperasionalkan  jalur ganda,”ujar Ixfan Hendriwintoko Manager Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun.

Pihak DAOP 7 Madiun melakukan menutup dua perlintasan sebidang karena sering terjadi kecelakaan pada perlintasaan yang tanpa ijin tersebut.

“Ini kami lakukan  guna menjaga keselamatan bersama dan kami membantu pemerintah untuk meniadakan perlintasan-perlintasan liar atau tanpa ijin,”kata Ixfan kepada jurnalis suara kumandang.

Sementara lokasi dua perlintasan sebidang atau tanpa ijin tersebut pertama di desa Tanggungan, dan yang kedua di desa Glagahan.”Dua-duanya berada di kabupaten Jombang, Jawa Timur, tepatnya di KM 87+258 dan KM 86+645,” ucap Ixfan.

Penutupan  perlintasan sebidangtersebut karena tidak sesuai Undang-undang No. 23 Tahun 2007 tentang perekeretaapian dalam pasal 91 s.d 94 mengatur semua terkait perlintasan sebidang jalur KA, mulai dari perizinan, pengerjaan sampai larangannya.

Pihaknya mengaku saat dilakukan normalisasi kondisi perlintasan sebidang yang sempat mengalami kesulitan, sebab, jalan yang sudah ada terlanjur diaspal maupun dibeton.

“Jadi kami agak kesulitan dan butuh waktu lebih lama, terlebih saat regu jalan rel melakukan perawatan jalur, kami mengalami kesulitan jika terjadi goyangan atau perubahan kontruksi rel yang kondisinya tidak normal, “akunya.

Sementara itu, pihak  PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun berharap kepada masyarakat untuk menyadari aturan yang ada, bahwa PT KAI (Persero) sebagai operator hanya menjalankan amanah undang- undang dengan tujuan agar perjalanan Kereta api  selamat, aman, dan lancar dari dan sampai ke tujuan.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.