Connect with us

SKI News

Pilkada Ngawi : Gambar Onny-Antok disisi Kiri, Kotak Kosong Sisi Kanan

Published

on

Hasil pengundian tata letak gambar pasangan calon dalam rapat pleno KPU Ngawi, (24/09/2020).

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI. Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 2020 dipastikan diikuti oleh satu pasangan calon.

Hal tersebut setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ngawi menetapkan Onny Anwar dan Dwi Riyanto Jatmiko  ( Antok ), sebagai calon tunggal sebagai Bupati dan Wakil Bupati Ngawi periode 2021 – 2024.

Penetapan ini merupakan penutupan tahapan pendaftaran calon yang dibuka sejak tanggal 4 september lalu.

Terakhir, dilakukan rapat pleno KPU Ngawi  pengundian tata letak posisi pasangan calon berupa gambar calon dan kotak kosong.

Menurut komisioner KPU Ngawi bidang teknis , Ahmad Ridho Hidayat, tata letak yang dimaksud terdefinisikan kiri dan kanan dari pandangan pemilih.

“Hanya ada dua kriteria tata letak pada lembar kartu suara yang akan dicoblos yaitu kiri dan kanan, dan ini berdasar pandangan atau yang dilihat dari pemilih” papar Ridho dalam rapat pleno kamis ( 24/09/2020).

Disaksikan oleh para pengurus parpol pengusung dan pihak terkait, pengundian tata letak akhirnya dilakukan dengan hasil gambar pasangan Onny-Antok berada di sisi kiri, sedangkan kotak kosong sebelah kanan.

Usai pengundian kemudian dilakukan penandatanganan pakta integritas bagi pasangan calon untuk komitmen mematuhi setiap tahapan pelaksanaan pilkada, serta kepatuhan protokol kesehatan terkait pandemi Covid 19.

Menurut Ketua KPU Kab Ngawi, setelah tahapan pencalonan selesai, adalah tahapan kampanye yang bisa dilakukan oleh pasangan calon yang mengacu peraturan yang di tetapkan KPU.

“Setelah agenda ini, maka pasangan calon sudah diperbolehkan untuk melakukan kampanye, tentunya sesuai yang diatur dalam PKPU no 13 tahun 2020, dimana pelaksanaan pada masa pandemi covid 19, harus mematuhi protokol kesehatan, selain bermasker dan yang lebih penting adalah physical distancing yaitu dengan pembatasan jumlah peserta dan  pengaturan jaraknya”, papar Prima.

Terkait pelaksanaan kampanye, pasangan calon harus melaporkan dana kampanye kepada KPU, dan KPU akan memfasilitasi berbagai metode kampanye pasangan calon, termasuk alat peraga dan bahan kampanye yang digunakan beserta jumlah maksimal yang diperbolehkan, baik untuk umbul-umbul, spanduk dan baliho.

Selanjutnya untuk kelancaran tahapan kampanye pasangan calon, pihak KPU akan berkoordinasi dengan Bawaslu dan juga pasangan calon, dan diharapkan

semua berjalan sesuai dengan juknis pada PKPU no 13 tahun 2020.

Jurnalis: Ahmad Hakimi.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.