Connect with us

SKI News

Perjuangan LVRI Gelorakan JSN 45 di Kalangan Pelajar Ngawi

Published

on

Kolonel HM. Sardani, tegap perjuangkan patriotisme melalui sosialisasi JKN 45 di sekolah.

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI. Jiwa, Semangat dan Nilai-nilai 1945 (JSN 45) di kalangan pelajar saat ini dinilai para Legiun Veteran RI ( LVRI) mengalami kemunduran, akibat derasnya arus budaya global dan bergesernya nasionalisme di kalangan milenial.

Pandangan tersebut disampaikan oleh  salah seorang  pejuang veteran di Ngawi Lerkol HM Sardani ( 74) sekaligus anggota dewan penasehat legiun veteran RI dalam menyikapi semangat Kemerdekaan 17 Agustus.

Karenanya, untuk meningkatkan JSN 45 di kalangan pelajar, pihaknya bersama tim LVRI melakukan sosialisasi dengan terjun langsung ke sekolah-sekolah, dengan agenda  memperkenalkan tentang veteran dan menceritakan perjuangan generasi muda pada jamannya dalam merebut kemerdekaan.

“Perjuangan veteran untuk itu tidaklah kendor, sebagaimana semboyannya, “berjuang sampai tarikan nafas terakhir”. kata Sardani.

Namun begitu, semangat ini bukanlah hal yang mudah dilakukan, berbagai kendala masih mengelayut terutama masalah pendanaan untuk operasional.

Apalagi tidak ada anggaran khusus dari pemerintah yang menyokong perjuangan para veteran ini. Beberapa kali mereka harus merogoh kocek sendiri demi untuk menanamkan jiwa nasionalisme dikalangan para pelajar.

“Acapkali kami berpatungan agar sosialisasi JKN 45 bisa teraelenggara, dan itu bukan perkara mudah” tutur Sardani.

Mengetahui kondisi dan pentingnya JKN 45 bagi para pelajar, akhirnya Dinas Pendidikan Ngawi memberikan apresiasi berupa menanggung pendanaan gerakan JKN 45 sejak Agustus tahun lalu ( 2019).

Karenanya, kini saatnya esistensi JKN 45 perlu didukung lebih nyata terutama kantor tempat mewadai aspirasi nasionalisme yang di perjuangkan para veteran ini.

Jurnalis:  Ahmad Hakimi.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.