Peringati HUT RI ke 73 Warga Magetan Gelar Upacara di Dam Jati

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN. Tanggal 17 Agustus 2018 merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke 73. Seluruh warga Indonesia mulai dari sabang sampai Meraoke mereka memperingatinya. Bermacam cara dilakukan warga Indonesia untuk memperingati Hari lahirnya bangsa Indonesia.

Seperti warga Desa Gorang gareng, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur  untuk memperingati HUT RI ke 73 juga tak kalah menarik mereka mengadakan upacara di kawasan Dam Jati yang merupakan taman wisata.

Sedikitnya ada 600 warga desa Gorang gareng mengikuti upacara tersebut. Beraneka ragam pakian yang digunakan dari peserta upacara. Mulai pakaian adat Jawa, pakaian petani, pakaian petugas keamanan, petugas kebersihan, pakaian bernuasa Islam, pakaian kompeni dijaman belanda dan masih banyak lainnya.

Bahkan dalam upacara tersebut pihak desa juga menyediakan mobil jeep tempo dulu yang menggambarkan suasana dijaman perang merebut kemerdekaan 1945.

Agus Syam Jassin panitia pelaksana upacara pun merasa bangga dapat melaksanakan upacara di Dam Jati yang merupakan irigasi untuk persawahan sekaligus taman wisata yang dikelola oleh desa dan warga setempat.

“Alasan kami menggelar upacara di Dam Jati dan kenapa tidak di lapangan atau di halaman balai desa, karena Ini  merupakan wujud kebanggaan kami sebagai pemilik wisata Dam Jati, kami akan merasa bangga bila bisa dilaksanakan di kawasan Dam Jati,”katanya.Jumat,(17/08/2018).

Kata Agus, tujuan mengadakan upacara dan mengajak seluruh warga desa Gorang gareng untuk mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan yang gugur dimedan perang.”Tujuan lain masih banyak mas, salah satunya meningkatkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme,”ujar Agus kepada suara kumandang.

“Dilaksanakannya upacara di kawasan wisata Dam Jati  juga merupakan bentuk kepedulian kami untuk mengenalkan tempat wisata lebih luas,”ucapnya.

Sementara itu, dalam upacara tersebut sebagai Pembina upacara adalah kepala Desa Gorang Gareng. Dihadiri perangkat desa dan seluruh warga maupun pemuda desa Gorang gareng. Cahyo.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.