Pencari Asem Asal Magetan

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN. Bermacam cara yang dilakukan dua pria asal desa Tamanarum, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Untuk mengisi kekosongan hari libur pekerjaan sebagai tukang batu mereka mencari tambahan penghasilan dengan cara mencari asem.

Seperti Suparno (40) dan sutris (38) di waktu libur pekerjaan sebagai tukang batu mereka mencari asem.”Di rumah dari pada diam danmenggangur saya dan teman saya mencari asem, mumpung ini musim asem berbuah,”kata Suparno.

“Selain itu hasilnya bisa untuk tambah beli kebutuhan rumah tangga. Meski nggak banyak tapi cukup tambah buat beli beras dan lauk,”jelasnya.

Cara kerja Suparno dan temannya yakni mencari pohon asem yang sudah siap panen. Mereka mencari disetiap pinggir jalan.”Kami mencari pohon asem tidak jauh-jauh mas, paling hanya sekitar Magetan, Ponorogo dan Madiun,”terangnya.

“Untuk mengambil buah asem kami tidak perlu ijin, karena pohon asem di setiap pinggir jalan di jalan kabupaten ini milik bersama, siapa yang mau mengambil asemnya silakan saja asal mau. Kalaupun ijin kepada siapa, Inikan ditanah negara,”ucapnya.

Sistem kerja Suparno dan temannya yakni Sutirno bagian memanjat pohon dan Suparno mengambili buah asem yang sudah jatuh.

“Saat mengambil buah asem sebenarnya kami takut karena banyak kendaraan uyang lalu lalang. Tapi mau bagimana kami harus extra hati-hati,”kata Suparno kepada suara kumandang.

Kata Suparno, hasil asem yang didapatkan perhari mampu mendapatkan antara 10 sampai 15 kg. “Hasilnya dijual mas, kadang kepasar kandang juga kepada penjual jamu tradisonal. Perkilo Rp 5.500, sampai Rp 6.000 tapi ya nggak mesti mas semua tergantung kualintas  asem, kalau asemnya jelek paling juga sampai Rp 4.000 sampai 4.500 perkilogram,”paparnya.

Sementara itu, dua pria ini sedikit kecewa dengan keberadaan pohon asem di pinggir jalan harus ditebang tanpa ada perbaruan lagi. Cahyo.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.