Connect with us

SKI News

Pemkab Ngawi Gelar Pelatihan Olahan Kue Berbasis Bahan Lokal Bagi IKM

Published

on

Peserta pelatihan IKM pembuatan kue berbahan lokal citra rasa restoran di desa Karang geneng ( 08/09/2020)

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI. Berbekal bahan baku lokal kini para ibu ibu Ngawi terutama yang tertarik bisnis kuliner jajanan, dapat bersaing dengan outlet jajanan modern dengan citra rasa tinggi.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi, bersama ibu ibu desa Karang Geneng, kecamatan Pitu yang mengolah bahan baku lokal menjadi kue berkulaitas dan berkelas layaknya sajian restoran mewah.

Dipandu oleh sebuah lembaga pendidikan, pelatihan dan ketrampilan dari Kediri, para peserta diajarkan mengolah umbi, ketela dan bahan baku lokal lainya untuk menjadi jajanan beraelera tinggi.

Menurut Daru Candra Wulandari, Kabid industri, Dinas perdagangan, perindustrian dan tenaga kerja Ngawi, kegiatan ini untuk menggairahkan ekonomi masyarakat ditengah pandemi.

 “Akibat pandemi COVID 19 membawa dampak perekonomian rumah tangga terlebih para pelaku industri kecil menengah ( IKM ) mengalami penurunan, karenanya upaya membangkitkan kembali IKM untuk menggiatkan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan bahan baku lokal harus dilakukan,” kata Daru dalam konfirmasi.

Ia juga menambahkan jika pemanfaatan  bahan baku lokal terutama sumber pangan yang selama ini belum dieksploitasi dan berharga murah, dapat menjadi solusi di tengah harga bahan baku lain seperti terigu yang semakin meroket harganya.

Pada pelatihan yang diikuti 30 orang kader IKM tersebut, diberikan materi praktek membuat aneka olahan makanan, diantaranya membuat aneka donat, kue nona manis, tahu brogedil, onde-onde tersenyum, slim roll, pastel dan lain-lain.

Jurnalis:  Ahmad Hakimi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.