Connect with us

SKI News

Hindari Calon Tunggal, KPU Ngawi Perpanjang Masa Pendaftaran

Published

on

KPU Ngawi memberi penjelasan kepada pihak RSAL di Surabaya ( 07/09) mengenai penundaan cek medis bakal calon akibat PKPU tentang perpanjangan pendaftaran.

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI. Tahapan pendaftaran pasangan calon Bupati/Wakil Bupati kabupaten Ngawi, Jawa Timur pada 4-6  September 2020 berujung perpanjangan.

Perpanjangan ini menyusul adanya ketentuan Komisi Pemilhan Umum (KPU) pusat kepada KPU daerah yang berpotensi hanya memiliki calon tunggal.

Seperti halnya yang terjadi dalam tahapan pendaftaran di KPU kabupaten Ngawi,  setelah ditunggu hingga batas akhir, hanya pasangan bakal calon Onny – Antok yang dinyatakan diterima KPU Ngawi.

Ketentuan tersebut tertuang dalam sebuah klausal PKPU tentang pencalonan dimana adanya kemungkinan kesempatan partai untuk mendapatkan mendaftarkan kembali pasangan calon.

“Aturan ini semangatnya adalah untuk memberi kesempatan kepada partai bisa mendaftar kembali demi menghindari pasangan satu calon,” terang Komisioner KPU Div Tehknis, Aman Ridho Hidayat.Rabu, (07/09/2020).

Disebutkan oleh Ridho, dalam PKPU, jika  adanya calon tunggal pada tahap awal pendaftaran, maka pendaftaran akan diperpanjang selama 3 hari dengan diawali 3 hari sosialisasi tentang perpanjangan yang dimaksud.

Maka, pada Selasa malam ( 08/09/2020), KPU Ngawi pun mengundang para wartawan sebagai bentuk sosialisasi yang dimaksud, sekaligus memastikan tanggal pendaftaran 11-12 September sebagai waktu perpanjangan pendaftaran.

Hal ini berarti berakibat terjadinya proses lain seperti cek kesehatan yang semula 7-8 kini dijadwal ulang 14 – 15 dan beberapa pemadatan jadwal verifikasi berkas calon sebelum ditetapkan pada tanggal 23 – 24 bulan ini.

“Pada tahapan pencalonan setelah pendaftaran berakibat dipadatkannya proses lain, seperti pemeriksaan kesehatan, verifikasi syarat calon hingga ahirnya kembali pada jadwal normal sesuai jadwal tahapan KPU yaitu penetapan calon 23-24 bulan ini dan seterusnya” tutup Ridho.

Jurnalis: Ahmad Hakimi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.