Pemerintah Akomodir Kepentingan Penghayat Kepercayaan Tuhan YME

Sosialisasi pengakuan dan pembinaan status keyakinan warga Penghayat Tuhan YME Ngawi.

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI.Kepedulian akan hak berkeyakinan juga menjadi perhatian Pemerintahan Kabupaten Ngawi. Disparpora menjadi salah satu penjamin pengakuan adanya legal formal terhadap setatus Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa memwakili Pemerintah.

Pembinaan penghayat kepercayaan yang digelar oleh Disparpora Ngawi bertujuan memberikan sosialisasi kepada masyarakat, aparatur pemerintah,  serta warga penghayat kepercayaan, agar  memahami regulasi yang ada dan berperan sebaik-sebaiknya sesuai dengan tupoksi masing-masing.

Nain Suryono, S. H, M. H, Presidium Majelis Luhur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Indonesia pusat, dalam acara tersebut mengatakan bahwa mendasar keputusan MK no 97 tahun 2016, penghayat kepercayaan sudah diberikan hak yang sama, sebagaimana hak yang dimiliki oleh warga penganut agama, sehingga penghayat kepercayaan tidak perlu merasa dianaktirikan oleh pemerintah.

“Selain itu, peraturan terbaru dari Presiden, yaitu PP no 40 tahun 2019 tentang kepentingan penghayat kepercayaan dalam aspek kehidupan sosial dan hak-hak sipil dalam bernegara, memperkuat legalitas pengakuan dari negara,” kata Nain Suryono, dihadapan para peserta sosialisasi. ( 04/09/2019).

Nain juga menambahkan bahwa hak yang diberikan tersebut diantaranya hak pendidikan, kartu identitas, perkawinan, kematian, hak mendirikan tempat ibadah, sumpah asn serta hak dalam penerimaan TNI / POLRI.

Meskipun belum ada catatan data secara pasti jumlah warga Ngawi penganganut keyakinan ini, namun diyakini terdapat ratusan penghayat kepercayaan yang masih menutup diri terhadap statusnya tersebut, dan masih bersembunyi di balik status agama tertentu, sebagaimana tertulis di KTP yang mengharuskan mengisi salah satu agama yang diakui oleh negara.

Jurnalis: Ahmad Hakimi

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.