Tekan Sampah Plastik, Warga Bringinan Gunakan Wadah Daging Qurban dari Kulit Debog Pisang

Sejulah warga sedang melembur membuat kotak dari batang pisang untuk wadah daging qurban

Suarakumandang.con,BERITA PONOROGO. Barno Kepala Desa Bringinan, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur akhirnya mengikuti himbuan dari bupati Ponorogo untuk tidak menggunakan plastik untuk membungkus daging qurban.

“Himbuan bupati kemarin melalui surat edaran dari pemerintah kabupaten Ponorogo menghimbau untuk tidak menggunakan plastik untuk membungkus daging qurban,”ujar Barno kepala Bringinan kepada jurnalis suara kumandang. Sabtu,(10/08/2019).

Dikatakan, kami membuat inovasi baru membungkus daging qurban dengan kulit batang  pisang (kulit debog)  untuk wadah daging qurban.“Alhamdulilah masyarakat Desa Beringinan merespon dengan baik hingga akhirnya membuat,”kata Barno.

Desa Bringinan tidak begitu luas sehingga tidak begitu banyak untuk membuat bungkus dari kulit batang pisang. “ Kami cukup membuat sebanyak 700 kotak yang terbuat dari kulit batang pisang,”terang Barno.

“Cara pembuatnya sangat mudah kulit batang pisang setelah dikupas lalu dibentuk segi empat, lalu untuk mengkaitkan supaya tidak terlepas memakai bambu  yang sudah dipotong-potong sesuai ukuran,”kata Barno lagi.

Dikatakan, bahwa pembuatan kotak dari kulit batang pisang ini dilakukan masyarakat dan karangtaruna secara swadaya.”Hari ini saya melembur bersama warga membuat kotak ini,”terang Barno.

Berharap dengan menggunakan kulit batang pisang ini akan mengurangi pencerman lingkungan, karena dengan plastik dampaknya akan berbahaya sebab dapat mencemari lingkungan, ”Ini akan lebih baik memakai ini, dari pada memakai tas kresek pada umumnya,”kata Barno.

“Kalau memakai kulit batang pisang langsung dibuang disampah tidak berbahaya karena bisa membusuk dan bisa menjadi pupuk,”pungkasnya.

Jurnalis: Yoga Kariem (Magang).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.