Pekan KIM Ke – IX Jawa Timur, KIM Magetan Menampilkan Informasi Produk Unggulan

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ke IX Tahun 2017 Jawa Timur resmi dibuka (12/9/2017)  oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Acara dipusatkan di Taman Budaya Chandra Wilwatikta, Pandaan, Kabupaten Pasuruan, jawa Timur pada 12-16 September 2017 kemarin.

Perwakilan KIM dari seluruh Jawa Timur ikut hadir dalam event tahunan yang digelar selama lima hari ini. Salah satunya KIM dari Kabupaten Magetan dalam acara Pekan KIM Ke  IX Jawa Timur Magetan diwakili KIM Rohsela dari Keluarhan Selosari, KIM Tirto Manunggal dari Desa Sumberdodol dan KIM Laskar Remaja dari Desa Bogorejo menampilkan informasi produk unggulan yakni sepatu kulit khas Magetan.

Purnomo Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Magetan mengatakan, pihaknya mengikut sertakan KIM Magetan bertujuan untuk memperkenalkan produk unggulan yakni sepatu kulit khas Magetan.”Sepatu kulit khas Magetan merupakan ikon produk unggulan kabupaten Magetan,”ujar Purnomo.

Pekan KIM ini tujuannya adalah untuk pembelajaran dan pengenalan teknologi informasi kepada masyarakat, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia dan anggota KIM. Juga sebagai sarana penyebaran informasi tentang hasil pembangunan, baik oleh instansi, badan, dinas, BUMN-BUMD, yang ada di Magetan.

Selain itu, secara khusus Pekan KIM digelar untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat melalui ketersediaan informasi terkini, menggelorakan dan menggairahkan masyarakat dalam usaha meningkatkan ekonomi, menjadi agen informasi di semua lini usaha yang berbasis teknologi informasi.

“Kondisi seperti inilah KIM kemudian dapat mengambil peran lebih, yaitu sebagai media yang menyediakan informasi yang valid sehingga dapat menjadi rujukan masyarakat dalam menyebarluaskan informasi yang benar,” katanya.

Agar  KIM berpartisipasi dengan memberikan informasi yang bermanfaat, disamping untuk masyarakat juga untuk pemerintah guna meningkatkan potensi yang dimiliki Magetan secara keseluruhan.

“Memang keberadaan KIM diperlukan untuk memeratakan informasi. Sebab, kemajuan teknologi harus diimbangi pintar memilah dan memilih mana informasi yang benar atau palsu (Hoax),” tutur Purnomo.

ia berharap kemajuan teknologi dimanfaatkan untuk masyarakat maju di semua bidang. Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat pada masyarakat Magetan, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai upaya pemberdayaan masyarakat secara luas.

Sementara itu, rangkian acara meliputi grand final Lomba Cerdas Cerdik Komunikatif (LCCK), pameran produk informasi dan produk TIK KIM, sarasehan KIM, workshop TIK KIM, lomba blog, dan festival Pertunjukan Rakyat (Pertura).

Kepala Dinas Provinsi Jawa Timur Eddy Santoso mengatakan, pekan KIM kali ini mengambil tema “Revitalisasi Peran KIM sebagai Media Jurnalisme Warga Menuju Masyarakat Informatif”. Maksud tema tersebut Pemerintah provinsi  Jawa Timur saat ini dan kedepan akan terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur, infostruktur, maupun suprastruktur komunikasi dan informatika di Jawa Timur.

“Perkembangan era informasi digital saat ini juga menuntut masyarakat memiliki bekal literasi digital yang memadai. Masyarakat diminta mampu untuk selektif dalam memilih sumber informasi dan menyebarluaskan informasi yang diterima,”pungkasnya. Cahyo.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.