Connect with us

SKI News

Pasangan PRONA Melestarikan Budaya Tradisional, Melalui Pesta Rakyat dan Live Streaming

Published

on

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN.  Tim pendukung PRONA (Prawoto-Nanik Sumantri) suskses menggelar Acara Safari Pesta Rakyat Prona, Sabtu (30/12/2017) dengan memberikan berbagai hiburan kesenian tradisional di alun-alun Kabupaten Magetan.

Pesta Rakyat yang diadakan oleh Tim PRONA ini memberikan makna tersendiri bagi Prawoto Calon Bupati Magetan periode 2018-2023, karena kesenian tradisional mungkin sudah banyak dilupakan oleh warga masyarakat Kabupaten Magetan.

Suprawoto yang akrab disapa Kang Woto menjelaskan, pihaknya menggelar acara tersebut memberikan makna bahwa  pesta rakyat adalah pesta dari rakyat untuk rakyat. “Maka dari itu, kami  juga menyajikan berbagai kesenian yang bisa dinikmati oleh rakyat, yaitu semua masyarakat Kabupaten Magetan,”ujar Suprawoto.

Menurutnya,  bahwa kesenian dari nenek moyang mungkin sudah dilupakan oleh masyarakat masa kini.”Nah  adanya acara ini kami berharap mereka bisa menikmatinya dengan senang,” tuturnya..

Pria yang lahir di Magetan mengaku bangga menjadi warga Magetan.”Saya lahir dan ditakdirkan sebagai orang Magetan, maknanya ada disitu, artinya supaya saya bisa memperbaiki dan melestarikan budaya lokal,” imbuh kang Woto.

Ditengah penampilan tarian tradisonal yang diperagakan oleh adik-adik SMA di Magetan. Dengan suasana pasangan Prona tiba-tiba mengajak penonton untuk berjoget bersama. Nampak malu dari sekian pengujung tapi pada akhirnya mau dan ikut menjoget bersama Suprawoto dan Nanik Sumantri.

Sementara itu, penampilan tarian tradisional, tidak sungkan juga pasangan PRONA mengajak warga masyarakat untuk ikut berjoget. Prawoto dan Nanik yang berjoget diatas panggung diikuti oleh penari dan warga masyarakat Magetan yang hadir di acara itu.

Panitia  memberi ruang kepada seni tradisional biar berkembang lebih baik untuk dilestarikan. Dan acara ini oleh panitia akan di live streaming langsung melalui medsos.”Karena jaman sekarang dunia medsos kan luar biasa, jadi acara ini bisa langsung ditonton secara live,” terang Kang Woto

Suprawoto menyakini, bahwa orang Magetan yang ada di luar negeri seperti Hongkong, Taiwan, Korea, Arab Saudi, Malasiya, akan merasa kerinduannya dengan Magetan bisa melihat dari live streaming.”Saya yakin mereka rindu bahkan senang karena live streaming yang di tampilkan melalui media sosial adalah kesenian budaya milik Indonesia,”ucapnya.

“Beda  kalau yang di pertunjukkan itu lain bukan kesenian tradisional, dan  akan merasa menjadi orang Indonesia tatkala mereka  berada di luar negeri,” pungkasnya.Rina.

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.