Connect with us

SKI News

Onny Serukan Ekonomi Kreatif Berbasis Sampah

Published

on

Wabup Ngawi Onny Anwar ( kanan) dan Ketua DPRD Ngawi Dwi Riyanto Jatmiko lepas bibit ikan dalam peringatan HPSN di Wisata Taman Candi Ngawi ( 20/02/2020).

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI.  Wakil Bupati Ngawi Onny Anwar Harsono memperingati Hari Peduli Sampah Nasional ( HPSN), dengan menabur ribuan bibit ikan tawar di lokasi wisata Taman Candi desa Kartoharjo kecamatan/kabupaten Ngawi, Kamis ( 20/02/2020).

Acara yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ngawi ini, bertema gerakan ambil sampah menjadi rupiah, juga melibatkan para pelajar sebagai bentuk kampanye sosial untuk perduli kebersihan dan penanggulangan sampah pada usia dini.

Onny menjelaskan mengenai pengolahan sampah berbasis 3R, yaitu reuse, reduce dan recycle, yang mana nantinya justru menjadi kegiatan ekonomi kreatif yang dapat menyulap sampah menjadi uang.

“Penanganan sampah untuk saat ini  harus mengubah pola pikir atau mindset masyarakat dari konvensional yang sekedar kumpul dan buang, namun bisa melihat peluang menjadi kegiatan ekonomi kreatif yang dapat menyulap sampah menjadi uang” kata Onny ditengah acara dalam sesi.penanaman pohon.

Kepada Dinas KLH, Onny menyampaikan harapanya agar ada kompetisi 3 R agar masyarakat termotivasi mengelola sampahnya, ahar residu sampah yang dibuang ke TPS dan TPA dapat diminimalisasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ngawi, Setiono mengatakan bahwa setiap harinya rata rata  beberapa TPA di Ngawi menerima 40 ton sampah yang membutuhkan penangan yang serius.

“Peran pemulung dan komunitas di sekitar TPS dan TPA sangat luar biasa, dalam pengelolaan sampah, apalagi mayoritas sampah berbahan plastik dan rumah tangga” jelas Setiono.

KarenaMya Dinas KLH berharap peran masyarakat sangat menentukan karena produksi sampah di mulai dari rumah.

Selain tabur benih ikan dan penanaman pohon, HPSN Ngawi juga diadakan perlombaan  sekolah Adiwiyata dan melukis tentang alam yang diikuti oleh pelajar dari tingkat SD, SMP, dan SMA, serta unsur dari desa dan kelurahan serta kecamatan Ngawi.

Jurnalis:  Ahmad Hakimi.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.