Mencegah Penuaan Dini

Oleh dr Rachisty Restuningtyas, dipl CIBTAC (Alena Aesthetic Clinic)

Oleh dr Rachisty Restuningtyas, dipl CIBTAC (Alena Aesthetic Clinic)

Magetan.Suarakumandang.com-“Penuaan merupakan hal yang pasti akan dialami oleh semua orang, dan merupakan siklus kehidupan yang tidak bisa dihindari oleh siapun. Tanda penuaan biasanya muncul ketika seseorang menginjak usia 30 tahun keatas.” Ujar dr Rachisty Restuningtyas

Menurutnya, biasanya penuaan terjadi setelah usia 30 seluruh fungsi sel tubuh akan berkurang 1% setiap tahunnya.Lanjutnya,namun tanda penuaan akan menjadi masalah serius jika muncul ketika seseorang masih berusia muda atau sering juga disebut dengan penuaan dini.

Penuaan dini biasanya ditandai dengan munculnya kerutan diatau garis halus disekitar mata. Tanda-tanda tersebut akan membuat kulit anda menjadi kendur dan terlihat tua. Tentu anda tidak maukan terjadi pada kulit anda. Orang yang sudah berusia diatas 30 tahun saja selalu berusaha menjaga kulitnya agar selalu terlihat awet muda, bagaimana dengan anda yang masih berusia muda, tentu tak mau jika anda mengalami tanda penuaan dini.

Penyebab penuaan dini

  1. Paparan sinar matahari terlalu sering
  2. Polusi udara seperti asap kendaraan dan asap pabrik dapat menyumbat pori dan membuat kulit menjadi tidak sehat
  3. Radikal bebasakan membuat kulit kering dan mengganggu pertumbuhan kolagen.
  4. Kelembaban udara kurang stabil di negara tropis seperti Indonesia
  5. Rokok mengandung nikotin dapat membuat sel kulit kekurangan cairan hingga ahirnya kulit menjadi kering dan kehilangan elasitasnya. Merokok juga mengganggu peredaran darah sehingga membuat kulit menjadi pucat dan sel kulit banyak yang mati, sehingga kulit akan nampak lebih tua.
  6. Alkohol dapat mempengaruhi asupan nutrisis pada kulit sehingga kulit akan kering dan menua
  7. Nutrisi yang buruk daapt mempercepat munculnya tanda penuaan dini karena setiap hari kulit membutuhkan sel-sel baru untuk melawan sinar matahari, polusi ataupun radikal bebas.
  8. Kurang tidur atau sering begadangakan mengakibatkan regenerasi kulit terganggu, oleh sebab itu usahakan tidur secara teratur sesuai dengan jadwal yaitu 8 jam dalam semalam.
  9. Terlalu sering terkena AC
  10. Stress
  11. Konsumsi kafein terlalu banyak akan membuat kulit dehidrasi dan kekurangan cairan, akibatnya kulit akan kering dan cepat keriput.

 

Cara mencegah penuaan dini

Ada banyak cara untuk mencegah penuaan dini, namun yang terpenting adalah gaya hidup yang sehat. Gaya hidup sangat berpengaruh pada kecantikan kulit anda. Lalu bagaimana saja cara untuk mencegah agar kita selalu awet muda dan terhintar dari penuaan diri. Berikut cara ampun untuk mencegah penuaan dini.

Perbanyak minum air putih

Konsumsi sir putih sebanyak 2liter per hari dapat mencegah dehidrasi dan penuaan dini pada kulit.

Menjaga kebersihan kulit

Kulit yang kotor akan menyebabkan tumpukan radikal bekas juga bakteri berkembang biak sehingga regenerasi kulit juga akan terganggu . mencuci wajah 2-4x sehari dengan air mengalir suhu normal (bukan panas, bukan dingin) dengan sabun yang sesuai jenis kulit.

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup yaitu tidur 8 jam dalam semalam

Olah raga

Olah raga minimal 2x dalam seminggu akan memperlancar peredaran darah sehingga kulit akan akan cantik, kenyal, lembab dan tidak pucat.

Hindari rokok kopi dan juga alkohol

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Semua jenis buah dan sayuran memiliki banyak vitamin, nutrisi dan antioksidan yang baik untuk kulit. Oleh sebab itu perbanyaklah mengkonsumis buah dan sayuran.

Kurangi paparan sinar matahari

hindari paparan sinar matahari terutama dijam jam esktrim yaitu jam 10 siang hingga jam 3 sore.

Melakukan perawatan secara teratur

Perawatan dapat dilakukan secara berkala 2minggu sekali sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit anda. Jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter untuk hasil yang baik. Untuk kulit jangan coba coba.****

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.