Connect with us

SKI News

Masih Masa Pandemi, Magetan Gelar Tradisi Gebyar Labuhan Sarangan

Published

on

Dari atas perahu Tumpeng diceburkan dalam telaga Saranagan

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Hari Jumat Pon, di Bulan Ruwah (02/04/2021) acara Bersih Desa di Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur digelar. Namun dari acara bersih desa pihak pemerintah menggelar dengan sangat sederhana dengan mematuhi protokol kesehatan. Hal ini dilakukan karena masih masa pandemi COVID-19.

Acara bersih desa ditengah masa pandemi COVID-19 memiliki kesan berbeda dari acara bersih desa yang digelar sebelumnya, lantaran pengunjung yang datang sangat dibatasi guna mencegah kemungkinan terjadi penularan COVID-19.

“Acara rutin ini tetap digelar meskipun secara sederhana dan tetap mematuhi protokol kesehatan tanpa harus mengurangi kesakralan acara Larung Saji ke tengah Telaga Sarangan tetap berjalan, sebab sebagai simbol dalam acara tersebut,” ujar Suprawoto Bupati Magetan.

Dalam kesempatan tersebut Suprawoto juga menyampaikan semoga dari niat Labuhan Sarangan ini mendapatkan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa tanpa mengurangi makna dan kesakralannya. “Dengan demikian mendapat ridho dan memberikan dampak ekonomi bagi warga Kelurahan Sarangan khususnya bagi masyarakat Magetan,” paparnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Magetan berharap bagi masyarakat tetap melakukan dan mematuhi protokol kesehatan. “Satu hal yang terpenting masyarakat Kelurahan Sarangan dan sekitarnya selalu mengingatkan bagi pengunjung untuk selalu mematuhi protokol kesehatan,” mintanya.

Sementara itu, sebelum adanya COVID-19 pemerintah Kabupaten Magetan menggelar Labuhan Sarangan dan bersih Desa Kelurahan Sarangan setiap hari Minggu setelah hari Jumat Pon di Bulan Ruwah.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.