Mantabkan Pemilu PPK Se-Magetan Lakukan pleno

MEMBERI KETERANGAN :Sumarsono selaku Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Magetan (kiri) saat memberikan penjelasan kepada peserta rapat

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Magetan akan mengadakan rapat pleno terbuka untuk membahas rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran (DPHP) pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Timur ,serta pemilihan Bupati dan wakil Bupati Magetan tahun 2018.

Bersama dengan acara rapat pleno terbuka yang diadakan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Magetan di gedung Kecamatan/kabupaten Magetan, Jawa Timur.Jumat,(09/03/2018). Sumarsono selaku Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Magetan menjelaskan bahwa, pada  hari ini di Kabupaten Magetan disetiap Kecamatan diselenggarakan rapat pleno terbuka Kecamatan, yang membahas rekapitulasi DPHP.” Rapat ini merupakan tindak lanjut dari rapat pleno terbuka yang kemarin dilaksanakan oleh masing-masing Desa dan Kelurahan,”jelasnya.

Dijelaskan pula bahwa rapat pleno adalah rapat yang diadakan oleh pengurus yang diikuti oleh seluruh perangkatnya yang membahas tentang daftar pemilih, untuk mengetahui perkembangan yang muktahir dari pelaksana penceklisan atau pendataan daftar pemilih.

”Jadi istilah pleno ini adalah tahap pertama untuk mendata pemilih pada pemilu nanti, setelah diplenokan di Kabupaten tahap selanjutnya akan menjadi daftar pemilih sementara (DPS) dan akhirnya menjadi daftar pemilih tetap (DPT),” tuturnya.

“DPT merupakan dasar dari KPU untuk melaksanakan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Timur serta Bupati dan wakil Bupati Magetan 27 juni 2018 mendatang,”terangnya.

“Untuk hasil  masing-masing rekapitulasi kami masih menunggu hasil dari Kecamatan dan hasil di Kabupaten akan diketahui setelah rapat pleno dilakukan di Kabupaten. Jadi, hasil validnya nanti bisa diketahui setelah rapat pleno di Kabupaten” ujarnya.

Dengan dilaksanakan pemutakhiran, KPU Magetan  berharap kepada semua masyarakat magetan yang  sudah memiliki hak pilih untuk bisa proaktif untuk mendaftarakan dirinya menjadi pemilih di pemilu mendatang.

“Kemarin sudah kami ceklis secara serentak dan nanti tinggal tindak lanjutnya. kemungkinan ada yang tercecer tapi, kami pastikan bahwa kemarin waktu pelaksanaan penceklisan itu sudah kami laksanakan dari pintu ke pintu masyarakat se Kabupaten Magetan. Jadi dengan adanya rapat pleno ini diharapkan benar-benar valid daftar pemilih dalam pemilu nanti,”pungkasnya.Cahyo.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.