Longsor di Poncol, Akses Jalan Menuju Magetan Terganggu

LONGSOR: Talud longsor di dusun Kopen, desa Gonggang kec Poncol

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN. Hujan deras terjadi sejak Sabtu (03/02/2018) kemarin sekitar pukul 19.00 WIB hingga pagi hari (04/02/2018) menyebabkan talud setinggi 10 meter dan panjang sekitar 15 meter di desa Gonggang, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur longsor. Akibatnya akses jalan menuju Magetan terganggu.

“Sekitar 2.000 warga di empat dusun terganggu akibat akses jalan longsor. Empat dusun yakni dusun Kopen, Candi, Dagung, dan dusun Templek desa Gonggang. Akses itu menuju kearah Magetan Kota,”kata Agung Sablon warga setempat.

Kata Agung, akes jalan  itu merupakan satu-satunya untuk menuju Magetan. Longsor persisnya disebelah barat jembatan dusun Kopen. “Kemungkinan ini akan terjadi longsor susulan sebab, disisi longsoran tersebut tanahnya sudah nyaris longsor,”terang Agung.

“Longsor terjadi sekitar pukul 06.00 WIB pagi tadi setalah hujan reda, sementara jalan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua, roda empat bisa akan tetapi sedikit membutuhkan keberanian, Karena longsor itu memakan separuh badan jalan,”paparnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan warga desa setempat memberi pembatas jalan dari bambu  berharap penguna jalan yang melewati tidak kecebur dan berhati-hati.

Ferry Yoga Saputra Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, Jawa Timur menjelaskan pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Unit Pelaksana Teknis Dinas ( UPTD ) DPU Magetan.”Langkah kami dengan UPTD dari pihak desa kalau memang tercukupi anggran bencana biar pihak desa yang mengerjakan,”terangnya.

“Setelah kami lakukan pengecekan Karena bencana di desa Ganggang tersebut tidak memungkinkan dilaksanakan kerjabakti mengingat lokasi cukup curam,”pungkasnya.Ridho

 

Ridho.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.