Connect with us

SKI News

KPU Sosialisasikan Aturan Pilkada Ngawi 2020

Published

on

Sosialisasi aturan pilkada ngawi oleh KPU Ngawi kepada parpol dan element pengaman

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI. Jelang pelaksanaan pencoblosan pemilihan bupati (Pilbup) pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Ngawi yang kurang dari 4 bulan lagi, tahapan pelaksanaan pilbup di Ngawi terus dikebut.

Komisioner KPU Kabupaten Ngawi Aman Ridho Hidayat mengatakan bahwa saat ini perkembangan tahapan pemilukada pilbup di Ngawi masih tahapan pemutakhiran data atau coklit, dan berakhir 13 Agustus 2020. “ Sedangkan untuk tahapan berikutnya adalah pendaftaran pasangan bakal calon  4-6 September 2020 mendatang,”ujar Aman.

“Dalam persiapan pendaftaran pasangan bakal calon pihak kami mengundang seluruh perwakilan parpol untuk mengikuti sosialisasi sejumlah aturan baru pada pilbup 2020 ini,” jelas Anam, Rabu, (12/08/2020).

Lebih lanjut, diantaranya yang perlu dipersiapkan adalah berkas pendaftaran pasangan bakal calon cabup cawabup harus ditanda tangani oleh ketua dan sekretaris DPP Pusat serta pengurus parpol pusat bisa mendaftarkan langsung pasangan bakal calon ke KPU kabupaten, jika pengurus daerah tidak mendaftarkannya.

“ Terkait aturan khusus mengenai incumben yang mendaftarkan diri sebagai pasangan calon, jika belum 2 periode atau wakil mendaftarkan menjadi calon bupati di daerahnya sendiri, maka tidak perlu mengundurkan diri, hanya saja ketika mendaftar harus menandatangani pernyataan bersedia untuk cuti,”paparnya.

Masih kata Aman, sedangkan kalau mendaftarkan diri ke daerah lain, maka harus mengundurkan diri. Hal tersebut juga berlaku jika calon dari ASN/TNI/POLRI/anggota DRPD, yang harus mengajukan pengunduran dirinya paling lambat 30 hari sebelum hari H pencoblosan yaitu maksimal tanggal 9 november 2020.

“Aturan tersebut harus di sosialisasikan agar semua element masyarakat, perangkat parpol dan pemangku keamanan bisa bekerja secara sefektif sesuai peranya,” pungkasnya.

Jurnalis: Ahmad Hakimi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.